Pages

Kamis, 27 Juni 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Kartu Mandiri Debit Kini Aman untuk Transaksi Online
Jun 27th 2013, 00:54

Created on Wednesday, 26 June 2013 20:41 Published Date

Jakarta, GATRAnews - Hal paling penting mulusnya bisnis online (e-commerce) adalah sistem pembayaran (payment system). Salah satu hambatan kurang suksesnya e-commerece di tanah air adalah tersedianya sistem pembayaran yang mudah dan aman. Sebagian besar Masyarakat Indonesia masih menggunakan transaksi fisik -bayar pakai duit cash dan ambil barang. Cashless belum membudaya. Terlihat dari sangat besarnya uang giral yang beredar di tanah air, apalagi menjelang lebaran. 

Salah satu kendala takut atau ragunya orang melakukan transaksi tanpa uang cash adalah keamanan transaksi elektronik. E-commerce di sini masih banyak menggunakan transfer rekening, sehingga memerlukan verifikasi manual akibatnya transaksi tidak instan. Penggunaan kartu kredit kurang populer karena khawatir kartunya dibobol.

Maka terobosan yang dilakukan Bank Mandiri Tbk (BMRI) terbaru ini mungkin bisa meningkatkan transaksi online. Kemarin, bank plat merah terbesar di tanah air ini meluncurkan layanan fitur kartu mandiri debitnya untuk bertransaksi e-commerce dengan mekanisme verified by visa dan One Time password (OTP). Layanan ini akan memudahkan transaksi nasabah debit bank mandiri. Pengamanan dilakukan dengan pengiriman kode password untuk tiap transaksi ke nomor telepon seluler yang sudah terdaftar sebelumnya.

Nasabah hanya perlu menginput nomor kartu mandiri debit pada sistem merchant yang bersetifikat visa. Selanjutnya, Sistem Bank mandiri akan mengirimkan pasword code ke nomor handphone yang telah didaftarkan. Setelah otensifikasi transaksi, nasabah akan mengirim pasword code tersebut pada layar konfirmasi yang muncul pada layar transaksi belanja.

"Transaksi ini sangat aman karena dilengkapi oleh password/authorization code yang diterima nasabah berbeda dan dikenal dengan One Time Password, sistem ini menguntungkan nasabah, karena transaski online tidak mungkin dilakukan oleh orang yang bukan pemilik kartu hingga melindungi nasabah dari cyber fraud," kata Direktur Mikro and Retail Banking Bank Mandiri, Hery Gunadi.

Kartu Debit Mandiri merupakan debit visa pertama di Indonesia yang menggunakan mekanisme verified by visa dan dapat melakukan transaksi pada situs merchant (toko online) yang telah memiliki sertifikat visa.

"Akibatnya nasabah, tidak perlu melakukan permintaan, aktifasi layanan jika akan melakukan transaksi online (e-commerce). Hal yang diperhatikan adalah nasabah dapat bertansasksi online ecommerce dan status kartunya aktif dan nomor handphoneya terdaftar pada sistem bank," katanya,

Gunadi menambahkan peluncuran fitur transaksi online pada kartu debit merupakan upaya untuk mengembangkan segmen retail. "Ini bentuk komitmen kami untuk kembangkan layanan perbankan yang dibutuhkan nasabah, khususnya pada transaksi onlne yang tengah menjadi tren di masyarakat," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, (26/6). (*/DKu)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions