Pages

Sabtu, 29 Juni 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Larangan menikah sejenis di California dicabut
Jun 29th 2013, 03:01, by BBC Indonesia

Usai putusan ini, pasangan sejenis menggelar pernikahan di Balai kota California.

Pengadilan banding di AS telah mencabut larangan pernikahan sesama jenis di negara bagian California, menyusul adanya putusan Mahkamah Agung.

Perintah pencabutan larangan itu dikeluarkan oleh Pengadilan Banding di Kota San Francisco.

Setelah putusan ini diumumkan, sebuah pernikahan sesama jenis digelar di gedung balai kota, yang merupakan pernikahan sejenis pertama di negara bagian itu sejak adanya persetujuan terhadap pelarangan pernikahan sejenis pada November 2008.

Pada Rabu lalu, majelis hakim Mahkamah Agung AS mengeluarkan putusan yang isinya mencabut larangan pernikahan sejenis yang sebelumnya dikeluarkan pengadilan yang lebih rendah.

Putusan MA ini merupakan pukulan bagi organisasi pembela larangan pernikahan sejenis yang dikenal dengan sebutan Proposition 8.

"Mereka telah berjuang dan menunggu sekian lama untuk peristiwa ini. Hari ini, masa penungguan itu akhirnya berakhir."

Dengan adanya putusan MA ini, maka pernikahan sejenis telah diakui secara hukum di 13 negara bagian AS dan Distrik Columbia, DC.

Para pendukung Proposition 8 menyebut putusan pengadilan banding sebagai "keterlaluan".

Kelompok penentang menyatakan, masih ada peluang bagi mereka untuk dapat mengajukan keberatan hukum atas putusan banding ini, namun majelis hakim pengadilan banding setempat menyatakan, putusan ini sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

Tidak lama setelah putusan banding ini dibacakan, salah-satu dari dua pasangan sejenis menggelar proses pernikahan di balai kota San Francisco.

Pernikahan Kris Perry, 48, dan Sandy Stier, 50, ini disahkan oleh Jaksa Agung negara bagian California, Kamala Harris.

"Mereka telah berjuang dan menunggu sekian lama untuk peristiwa ini. Hari ini, masa penungguan itu akhirnya berakhir," kata Harris.

"Ini benar-benar hari yang menyenangkan," kata Cindy Stier.

Sementara itu, kelompok penentang yang acap disebut sebagai Proposition 8 menuduh lawan-lawan mereka "mencapai tujuan dengan cara yang terhormat".

"Ini masih harus dilihat apakah pertarungan hukum bisa dilanjutkan atau tidak, tapi bagaimanapun, putusan ini memalukan bagi warga California,'' kata Andy Pugno, penasihat umum koalisi kelompok-kelompok konservatif.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions