Pages

Jumat, 28 Juni 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Uskup Vatikan ditangkap terkait penggelapan dana
Jun 28th 2013, 08:28

Vatikan

Bank Vatikan diguncang sejumlah skandal selama beberapa tahun terakhir.

Kepolisian Italia menangkap seorang uskup senior atas dugaan menggelapkan dana dan melakukan pencucian uang sebagai bagian dari penyelidikan Bank Vatikan.

Uskup Monsignor Nunzio Scarano bekerja sebagai akuntan di Departemen Keuangan Vatikan. Sebelum ditangkap, ia telah dinonaktifkan beberapa pekan lalu setelah namanya masuk dalam daftar orang-orang yang diselidiki.

Penyelidikan diadakan terkait serangkaian transaksi mencurigakan melalui Bank Vatikan. Wartawan BBC di Roma David Willey melaporkan Monsignor Nunzio Scarano diduga terlibat dalam pemrosesan pembayaran cek yang disebut sebagai sumbangan untuk gereja.

Kepolisian juga menangkap Maria Zito yang disebut bekerja sebagai agen rahasia Italia dan Giovanni Carenzio, seorang pialang.

Menurut media Italia edisi Jumat (28/06), ketiga orang itu diduga terlibat dalam aliran dana US$26 juta dari Swiss ke Italia.

Penangkapan terjadi dua hari setelah pengumuman bahwaKlik Paus Fransiskus membentuk komisi penyelidikan Bank Vatikan yang mengalami guncangan akibat sejumlah skandal.

Seperti dilaporkan oleh wartawan BBC di Roma, David Willey, biasanya Bank Vatikan menolak bekerja sama dengan aparat keamanan yang menyelidiki kejahatan keuangan.

Alasannya, menurut Willey, adalah kedaulatan Vatikan sebagai negara independen.

Namun Paus Fransiskus telah menunjukkan diri bahwa ia bertekad menyelesaikan tuduhan-tuduhan korupsi dan pencucian uang yang melibatkan Bank Vatikan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions