Pages

Sabtu, 29 Juni 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Ribuan warga Riau menderita ISPA
Jun 29th 2013, 06:54, by BBC Indonesia

asap riau

Meski telah memakai masker tetapi kabut asap tetap mengganggu pernafasan warga.

Berdasarkan pantauan satelit NOAA 18, titik api masih tersebar di sejumlah lokasi di Riau.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, BNPB menyebut ada 7 titik api yang tersebar di Dumai 2 titik, Siak 2 titik, Bengkalis 1 titik, Rokan Hilir 1 titik dan Rokan Hulu 1 titik.

Jumat kemarin Satgas Penanggulangan Bencana Asap kembali melakukan penyemaian untuk memancing hujan buatan.

Penyemaian pertama dilakukan menggunakan pesawat Cassa pada pukul 10.00 – 11.48 wib dengan bahan semai 800 kg NaCl di daerah Lipat Kain, Kab Kampar pada ketinggian 10.000-10.500 kaki.

Penyemaian kedua dilakukan pesawat Cassa pukul 13.47-15.23 Wib dengan bahan semai sebanyak 700 kg NaCl, dilakukan di daerah Kab Siak pada ketinggian 10.000 kaki.

Sedangkan upaya ketiga dilakukan dengan pesawat Hercules pada pukul 14.00-16.01 Wib dengan bahan semai 2.500 kg NaCl di daerah Kab. Bengkalis, Dumai, Siak dan Pelalawan pada ketinggian 9.000 kaki.

Selain merekayasa cuaca dengan membuat hujan buatan, tim juga melakukan pemboman air dengan mengerahkan 7 helikopter di daerah Siak, Perawang dan Manau.

Satu helikopter dilaporkan batal melakukan penerbangan karena jarak pandang sangat rendah di Rokan Hilir. Meskipun dari satelit NOAA hanya diideteksi 1 titik tapi faktanya lebih dari itu sehingga lapisan asap pekat dan sensor optik satelit tidak mampu menembusnya.

Hingga Sabtu (29/06) kabut asap masih menyelimuti sejumlah kawasan di Riau meski tidak terlalu pekat seperti sebelumnya.

Akibat kabut asap yang berlangsung sepekan lebih ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah menerima ratusan laporan gangguan kesehatan.

Data Dinkes Provinsi Riau menyebut ada 6.321 orang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut, ISPA, 674 orang menderita radang paru, 527 orang kena asma, 669 orang menderiya infeksi kulit, dan 369 orang iritasi mata.

Terkait penegakan hukum, polisi berencana memeriksa lima pimpinan perusahaan yang diduga terlibat dalam kasus kebakaran hutan di Provinsi Riau.

Upaya ini dilakukan berdasarkan keterangan para tersangka perorangan serta adanya titik api yang diduga berasal dari area hutan yang dikuasai perusahaan-perusahaan tersebut, kata Kepala Biro Penerangan Umum Mabes Polri, Brigjen Boy Rafli Amar.

Sebelumnya Polda Riau telah menetapkan 16 orang tersangka pelaku pembakaran lahan dan hutan di wilayah Provinsi Riau.

Mereka ditangkap di sejumlah wilayah berbeda di Riau, karena sengaja membakar lahan perkebunan atau hutan.

Para pembakar lahan ini diancam denda antara 3-5 miliar rupiah dan pidana maksimal 15 tahun penjara, sesuai UU No 41/1999 dan UU No 32/2009.

Tapi Juru kampanye hutan Greenpeace, Wirendro mengatakan, persoalan penegakan hukum terkait kasus kebakaran hutan di Indonesia masih lemah

Menurutnya, selama ini yang banyak dihukum adalah pelaku perorangan yang tertangkap basah di lapangan.

"Padahal, siapa tahu mereka dibayar perusahaan untuk membuka lahan," katanya.

"Ini yang harus ditelusuri oleh penegak hukum," tegas Wirendro.

Sementara Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa meminta masyarakat menunggu hasil penyelidikan kementerian terkait, sebelum mengungkap nama-nama perusahaan yang diduga terlibat.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions