Pages

Minggu, 30 Juni 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Batal Tengok Mandela, Obama Kunjungi Keluarganya
Jun 29th 2013, 11:33

Created on Saturday, 29 June 2013 18:33 Published Date

U.S. President Barack Obama and first lady Michelle Obama look out of a doorway that slaves departed from on Goree Island in Dakar, Senegal June 27, 2013. Obama's trip, his second to the continent as president, will take him to Senegal, South Africa and Tanzania. Pretoria, GATRAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Sabtu, memutuskan untuk tidak mengunjungi pahlawan politiknya Nelson Mandela di rumah sakit agar tidak mengganggu "kedamaian dan kenyamanan" legenda anti-aparteid itu.

Sebaliknya Presiden Obama akan mengunjungi keluarga Mandela untuk turut mendoakan.

"Presiden dan Ibu Negara akan bertemu secara pribadi dengan anggota keluarga Mandela untuk menyampaikan doa dan pikiran mereka atas masa sulit ini," kata seorang pejabat ketika Obama tiba di Pretoria untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma sebagi bagian dari kunjungannya ke tiga negara di Afrika.

"Dengan rasa hormat kami untuk kedamaian dan kenyamanan Nelson Mandela dan harapan keluarganya, mereka tidak akan ke rumah sakit," kata pejabat itu yang tak mau disebut namanya seperti dikutip Antara.

Obama pada Jumat mengatakan dia tidak memerlukan foto dengan Mandela, yang dia pernah temui singkat pada 2005. Tapi para pembantunya tidak mengesampingkan kunjungan ke rumah sakit sebelum dia tiba di Johannesburg Jumat malam.

Kondisi kesehatan Mandela menjadi tantangan politik bagi Obama.

Dia harus menyeimbangkan keinginan untuk menghormati Mandela, mungkin dalam hari-hari akhirnya, dengan satu pesan bahwa Amerika Serikat ingin memainkan peran ekonomi dan diplomatik di kawasan yang sedang naik.

Helikopter yang membawa Obama terbang rendah di atas bukit-bukit Pretoria untuk mendarat di depan Union Buildings, yang menjadi lokasi pemerintahan Afsel, untuk pembicaraan dan jumpa pers dengan Zuma.

Kemudian dia akan menuju Soweto, kotapraja tempat kerusuhan yang memicu perjuangan di seluruh negeri melawan rezim apartheid yang rasis sementara Mandela dan para pemimpin Kongres Nasional Afrika berada di penjara.

AFP melaporkan pemimpin AS akan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin muda dari seluruh Afrika.

Mandela mungkin tak terlihat fisiknya tetapi pengaruhnya akan terasa jelas pada lawatan Obama ke Senegal, Afrika Selatan dan Tanzania.

Satu pertemuan antara para presiden kulit hitam pertama dari Amerika Serikat dan Afsel telah lama diantisipasi tetapi Obama tak dapat mengunjungi Afsel pada periode kepresidenannya yang pertama sebelum kondisi kesehatan Mandela menurun cepat.

Obama akan memegang warisan Mandela pada Sabtu sebagai satu contoh bagi para pemimpin Afrika sementara mereka berusaha mengangkat benua itu menuju masa depan yang lebih damai dan sejahtera. (Dh)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions