Pages

Selasa, 13 Mei 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Make fitness a way of life

Sign up at a 24 Hour Fitness near you for a 7 day free trial. Join a class and find a community!
From our sponsors
Kompleks Makam Ini Berisi Kuburan Sepanjang 7 Meter
May 12th 2014, 18:26

Selasa, 13 Mei 2014 01:26 wib | Adi Palapa Harahap - Sindo TV

Makam Parmata Sapihak di Padanglawas, Sumut (Dok: Adi Palapa/Sindo TV)Makam Parmata Sapihak di Padanglawas, Sumut (Dok: Adi Palapa/Sindo TV) PADANGLAWAS - Panjang dan lebar makam biasanya menyesuaikan ukuran tubuh jenazah. Di perbukitan Desa Binabo, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara, ada beberapa makam yang memiliki panjang sekira tujuh meter.
 
Makam unik tersebut berada di kompleks pekuburan yang berlokasi di perbukitan. Di sana terdapat beberapa makam para leluhur marga Daulay yang disebut Makam Parmata Sapihak (kuburan bermata satu).
 
Khairul Daulay, warga sekitar, menuturkan, belum diketahui pasti asal muasal Makam Parmata Sapihak. Di batu nisan makam juga tidak tercantum tanggal wafat para penghuni makam.
 
Panjang makam yang tak lazim tersebut tentu mengundang penasaran orang yang baru berkunjung, benarkah jenazah memiliki tinggi tujuh meter atau bahkan lebih.
 
Khairul mengatakan, dalam legenda disebutkan bahwa tinggi penghuni makam sebenarnya mencapai 49 meter. Saat akan dimakamkan, jenazah dikondisikan sedemikian rupa sehingga tubuhnya bisa masuk ke liang lahat.
 
Makam Parmata Sapihak merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Padanglawas. Namun karena masih kurang perhatian dan minim publikasi, makam tersebut hanya terkenal di sekitar Tapanuli bagian selatan.
(Adi Palapa Harahap/Sindo TV/ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions