Pages

Jumat, 30 Mei 2014

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Australia Nyatakan Pencarian Pesawat MH370 Gagal
May 29th 2014, 17:39, by Rizki Gunawan

Penyelidik Malaysia kini sedang menginvestigasi dugaan kesengajaan seseorang di kokpit mematikan sistem komunikasi dan mengalihkan MH370 dari rute yang ditentukan -- menuju Beijing.

Liputan6.com, Sydney - Hampir 3 bulan berlalu, pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 belum juga ditemukan. Pencarian yang dilakukan tim Australia dinyatakan telah berakhir tanpa hasil.

Pusat Kordinasi Tim Gabungan Pencarian Pesawat yang dipimpin Australia (Joint Agency Co-ordination Centre/JACC) menyatakan, pencarian pesawat berpenumpang 239 orang itu gagal.

"Biro Transportasi Keselamatan Australia ((Australian Transport Safety Buereau/ATSB) telah menyampaikan bahwa hasil pencarian di lokasi ditemukannya sinyal ping, dianggap telah selesai. Dan dari analisa profesional, area itu kini tidak lagi dianggap lokasi keberadaan jatuhnya MH370," demikian pernyataan JACC, seperti dikutip dari BBC, Jumat (30/5/2014).

Dijelaskan, pencarian oleh drone atau kapal selam tak berawak Bluefin-21 telah berakhir sejak eksplorasi diluncurkan awal April setelah terdeteksinya sinyal ping. Dan data pencarian telah dianalisa.

"Hasilnya JACC menyatakan tak ada tanda puing pesawat yang ditemukan kapal selam tak berawak," jelas JACC. Ping tidak berasal dari data pesawat atau cockpit voice recorders namun berasal dari beberapa sumber lain buatan manusia yang tak terkait dengan MH370.

Pernyataan serupa disampaikan Direktur Teknik Kelautan Angkatan Laut AS, Michael Dean. Dia menjelaskan, semua pihak berwenang dari semua negara yang terlibat pencarian menyimpulkan bahwa ping yang pernah terdeteksi itu tak berasal dari MH370.

"Teori terbaik kami pada saat ini adalah ping-ping tersebut diduga adalah suara yang dihasilkan kapal...atau dalam perangkat elektronik Towed Pinger Locator," ujar Dean, seperti dilansir CNN.

Mendengar pengumuman tersebut, Danica Weeks, istri dari salah satu penumpang MH370 bernama Paul Weeks, sangat terpukul. Dia tak bisa menerima kesimpulan tersebut. "Perkembangan terakhir yang didapat menjadi tamparan di wajah saya sendiri," ungkap Weeks, yang diwartakan ITV.

Kapal survei China, sementara itu, Zhy Kezhen, tengah memetakan area laut sebagai langkah awal dalam proses pencarian selanjutnya. Pencarian MH370 direncanakan akan dilakukan mulai Agustus. Proses pencarian akan berlangsung selama 12 bulan ke depan.

Pesawat MH370 hilang pada 8 Maret 2014 saat perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China. Hingga kini jejak pesawat belum diketahui. Sebanyak 239 penumpang, yang sebagian besar berasal dari China, pun tak diketahui keberadaan.

(Rizki Gunawan) ;

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
pesawat-140318c.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions