Pages

Kamis, 27 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Obama berusaha alihkan sengketa Snowden
Jun 27th 2013, 13:03

Edward Snowden

Snowden tiba di Moskow akhir pekan dan mengajukan permohonan suaka ke Ekuador.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan segala upaya untuk menangkap pembocor intelijen AS Edward Snowden ditempuh lewat jalur hukum seperti biasa.

Snowden diburu oleh Klik Amerika Serikat karena membocorkan informasi bahwa Amerika secara sistematis mengambil data telepon dan internet dalam jumlah besar dalam program mata-mata yang disebut Prism.

"Saya tidak akan mengerahkan pesawat tempur untuk menangkap seorang peretas berusia 29 tahun," kata Barack Obama Klik dalam kunjungan ke Senegal pada Kamis (27/06).

Obama menyatakan belum menelepon presiden Klik Cina maupun presiden Klik Rusia untuk membicarakan ekstradisi Snowden.

"Saya belum menelepon Presiden Xi atau Presiden Putin secara pribadi dan alasannya, pertama karena saya tidak harus melakukannya," jelas Obama dalam jumpa pers di awal lawatannya di Afrika.

Alasan kedua, lanjutnya, terdapat banyak hal penting lain dalam hubungan Amerika dengan Cina dan Rusia.

"Saya belum menelepon Presiden Xi atau Presiden Putin secara pribadi dan alasannya, pertama karena saya tidak harus melakukannya."

Edward Snowden terbang ke Moskow dari Hong Kong pada akhir pekan dan telah mengajukan permohonan suaka ke Ekuador. Ia diketahui masih berada di kawasan transit di bandar udara ibukota Rusia.

Hari Selasa 25 Juni, Presiden Putin menegaskan bahwa Klik Edward Snowden beradaKlik di kawasan transit bandara Moskow danKlik karena itu tetap merupakan orang yang bebas karena masih berada dalam kawasan di luar batas imigrasi, .

Putin juga menyebutkan semakin cepat dia memilih negara tujuannya maka akan semakin baik.

Sementara itu Ekuador mengatakan pada Kamis bahwa Klik merekaKlik belum memproses permohonan suaka Snowden karena warga negara Amerika iSerikat itu belum masuk ke kedutaan Ekuador.

Menteri Luar Negeri Ricardo Patino mengatakan Ekuador memerlukan waktu dan akan mempertimbangkan suaka untuk Snowden dengan bertanggung jawab dan memegang teguh prinsip hak asasi manusia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions