Pages

Kamis, 27 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Fosil Kuda Kuno Berusia 700.000 Tahun
Jun 27th 2013, 01:57

COPENHAGEN - Peneliti mengungkap kode genetik dari fosil kuda tertua yang pernah hidup wilayah Yukon, Kanada. Ilmuwan meyakini bahwa hewan ini telah hidup sejak 700.000 tahun lalu.

Dilansir Latimes, Kamis (27/6/2013), sampai saat ini, peneliti percaya bahwa tidak mungkin untuk memulihkan sejumlah DNA dari fosil yang tua. Rekor gen tertua sebelumnya dipegang oleh fosil beruang kutub yang hidup lebih dari 110.000 tahun lalu.

Ilmuwan sukses melakukan pengurutan DNA, yang mengungkap sejumlah peningkatan dramatis dalam seberapa jauh ilmuwan bisa 'mengintip' ke dalam sejarah biokimia.

DNA diesktraksi dari potongan sepanjang 6 inci fosil tulang kaki kuda yang ditemukan sembilan tahun lalu. Dalam kondisi normal, DNA mulai menurun segera setelah kematian. Akan tetapi, tulang ini diawetkan dalam lapisan es di Thistle Creek, teritorial Yukon di Kanada.

Teknik penanggalan mengungkapkan bahwa hewan ini hidup di zaman mammoth, kucing bertaring tajam dan berang-berang raksasa yang berbagi rumput (makanan) serta manusia leluhur.

"Penelitian ini membuka perspektif besar dengan tingkat detail bahwa ilmuwan dapat merekonstruksi asal-usul dan sejarah evolusi setiap hewan di planet Bumi," jelas Ludovic Orlando dari  Center for GeoGenetics di Natural History Museum of Denmark. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions