Pages

Jumat, 28 Juni 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Telkomsel Bakal Gelar 20 BTS LTE di KTT APEC
Jun 28th 2013, 04:51

SOLO - Indonesia akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Bali pada Oktober mendatang. Telkomsel pun memanfaatkan agenda tersebut untuk menggelar uji coba jaringan 4G Long Term Evolution (LTE).

Izin dari pemerintah pun sudah dikantongi oleh Telkomsel. "Kami menggelar trial LTE di Jakarta, Bali, Batam, dan Manado," jelas Direktur Utama Telkomsel Alex Janangkih Sinaga, di acara Drive Test dan Media Gathering di Solo, Kamis malam (27/6/2013).

Menurut Alex, untuk di Bali, sudah mendapatkan izin dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) untuk menyediakan layanan LTE di seluruh venue KTT APEC Oktober nanti.
 
Telkomsel akan menggandeng Nokia Siemens untuk menggelar sekira 20 BTS dalam uji coba 4G LTE selama KTT APEC berlangsung di Bali. "Akan ada sekira 20-an BTS di seluruh venue KTT APEC, dan Nokia Siemens yang akan jadi vendor perlatannya. Jadi karena masih trial, akses LTE di APEC gratis. Harapan kami testing trafiknya benar-benar real," jelas Alex.

KTT APEC dilaporkan akan dihadiri sekira 200 negara dengan 92 diantaranya sudah mengomersialkan 4G LTE. Maka jika para delegasi dari 92 negara itu membawa perangkat yang mendukung 4G LTE, mereka tetap bisa menikmatinya di Indonesia.
Adapun hasil uji coba 4G LTE di KTT APEC akan diteruskan kepada Kominfo agar bisa ditinjau seberapa siap operator menggelar jaringan tersebut.

"Hasil trialnya akan dievaluasi oleh pemerintah dan akan menjadi masukan sebagai bahan kajian untuk kesiapan operator menggelar 4G, apakah sudah bisa dikomersialkan atau belum. Hal ini menjadi salah satu masukan bagi Kominfo untuk mengambil keputusan komersialisasi jaringan tersebut," lanjutnya.

Indonesia Siap LTE di 2014?
Lebih jauh dijelaskan Alex, Kominfo telah memajukan target rencana untuk mengomersialkan 4G LTE dari target awal 2018 menjadi 2014. "Ancang-ancang formal pemerintah sebenarnya komersiaslisasi 4G LTE itu di 2018, tapi satu bulan lalu dipredikasi bisa lebih cepat," tutur Alex.
"
Saat ini di dunia ada 92 operator yang telah mengomersialkan LTE, jadi Kominfo mengeluarkan pernyataan akan mempercepatnya, kemungkinan di 2014," sambungnya.

Karena itu, ia memperkirakan bahwa hampir semua operator akan fokus untuk memulai uji coba 4G LTE pada tahun ini. Begitu sudah bisa komersial, pemerintahkan akan keluarkan lisensi. Lalu otomatis Telkomsel akan mulai gelar LTE. Para vendor handset pun tinggal menyesuaikan produk mereka.

Indonesia memiliki dua pilihan frekuensi jika menggelar 4G LTE yaitu di 1800MHz dan 700Mhz. Namun, kata Alex, belum ada yang diputuskan sehingga harus menunggu perkembangan lebih lanjut. "Mayoritas di dunia itu LTE itu ada di 1800 MHz, tapi beberapa negara ada di 2300. Jadi kita lihat saja perkembangannya ke arah mana nanti," pungkasnya.
(amr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions