Pages

Jumat, 01 November 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Get the newest, latest, hottest

Find shoes, heels, flats, active, essentials and more in the latest styles. Save up to 40% on select items.
From our sponsors
Uni Eropa Tunjuk Olof Skoog sebagai Dubes UE untuk ASEAN
Oct 31st 2013, 18:03

DUNIA

Jum'at, 01 November 2013 01:03 wib

Fajar Nugraha - Okezone

Foto: Dok.UEFoto: Dok.UE

JAKARTA -  Olof Skoog menyerahkan surat kepercayaan sebagai Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk ASEAN kepada Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh di Jakarta, Kamis 31 Oktober 2013.

Dubes Skoog adalah Kepala Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan ASEAN. Sebelum ditugaskan ke Jakarta, Duta Besar Skoog menjabat sebagai Ketua Tetap dari Komite Politik dan Keamanan Uni Eropa (PSC), salah satu jabatan tertinggi yang terdapat di lembaga diplomatik Uni Eropa,  yaitu Dinas Luar Negeri Eropa (EEAS).

Duta Besar Skoog juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal untuk Urusan Politik di Kementerian Luar Negeri Swedia, serta sebagai Duta Besar Swedia untuk Kolombia, Venezuela, Panama dan Ekuador.

"Uni Eropa adalah Mitra Dialog ASEAN yang pertama. Kami merupakan mitra penting secara komersial, dan kerjasama kami sangat luas dan semakin berkembang," ujar Dubes Skoog dalam keterangan tertulis EEAS, yang diterima Okezone, Jumat (1/11/2013).

"Selain itu, momentum positif mulai meningkat dalam hubungan Uni Eropa dan ASEAN selama beberapa tahun terakhir ini, dan agenda politik dan sosial-budaya kami menjadi semakin ambisius, mendalam dan kuat," lanjutnya.
 
Uni Eropa dan ASEAN telah berupaya keras untuk melakukan transformasi hubungan mereka dalam aspek politik, sementara membuka jalur baru untuk kerjasama di bidang seperti, tanggap krisis, mediasi dan rekonsiliasi, serta kerjasama maritim.

Di Brunei, pada 2012, para Menteri Uni Eropa dan ASEAN telah bersepakat untuk membawa kemitraan di antara mereka ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengadopsi Plan of Action yang terdiri lebih dari 90 tindakan di tiga bidang, yaitu, politik dan keamanan, perdagangan dan ekonomi serta sosial-budaya. Hal ini sesuai dengan tiga pilar atau Komunitas ASEAN.

Uni Eropa tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan pada proses pembangunan Komunitas ASEAN pra dan pasca 2015, dan untuk berbagi pengalamannya dengan ASEAN mengenai  proses integrasi Uni Eropa sendiri.

ASEAN sebagai kesatuan merupakan mitra dagang Uni Eropa terbesar ketiga di luar Eropa (setelah Amerika Serikat dan Cina) dengan nilai perdagangan barang dan jasa yang mencapai sebesar 206 milyar euro pada tahun 2011. Uni Eropa merupakan mitra dagang ASEAN terbesar kedua (setelah Cina), yaitu dengan mencapai sekitar 11 persen dari total perdagangan ASEAN.

Uni Eropa juga merupakan mitra pembangunan penting bagi ASEAN serta donor terbesar untuk Sekretariat ASEAN. Uni Eropa mendukung upaya integrasi ASEAN secara langsung dengan bantuan yang bernilai sekitar 65,9 juta euro untuk periode 2007-2013. Kemungkinan jumlah tersebut akan meningkat pada periode berikutnya yakni pada 2014-2020. (faj)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions