Pages

Senin, 17 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
PM Ceko akan mengundurkan diri
Jun 17th 2013, 02:51

petr necas

Petr Necas mengatakan dirinya sadar akan tanggung jawab politik.

Perdana Menteri Ceko, Petr Necas, mengumumkan akan mengundurkan diri pada Senin (17/06) seiring adanya dugaan korupsi yang menyulut kekacauan politik di negara itu.

Pemerintah koalisinya akan mencoba untuk membentuk pemerintahan baru yang dipimpin oleh calon yang dinominasikan oleh Civic Democtratic Party (ODS).

Tekanan kepada Necas untuk segera mengundurkan diri semakin kuat karena jaksa pada Jumat lalu telah mendakwa kepala stafnya, Jana Nagyova, dengan dugaan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Dua mantan anggota parlemen, mantan menteri, serta kepala dan mantan intelijen militer juga telah ditahan.

Semua kecuali satu juga telah diserahkan ke dalam penjara.

Presiden Milos Zeman mengatakan dakwaan tersebut dibuat setelah penggerebekan polisi bersenjata di kantor pemerintah dan swasta pada Rabu.

Dari penggerebekan tersebut, 150 juta koruna (atau setara dengan US$ 8 juta) dalam bentuk tunai, puluhan kilogram emas dan jumlah besar dokumen disita.

"Saya akan mengajukan pengunduran diri saya sebagai perdana menteri besok. Seluruh pemerintahan, karena itu, akan mengundurkan diri bersama saya."

Detektif mengatakan Nagyova diduga menyuap mantan anggota parlemen dengan tawaran posisi di perusahaan-perusahaan milik negara. Hal ini diduga ini terkait dalam pertukaran agar mereka dapat menyerahkan kursi parlemen mereka.

Nagyova - rekan dekat Necas selama hampir satu dekade - juga diduga secara ilegal memerintahkan intelijen militer untuk memata-matai tiga orang.

Media Ceko melaporkan bahwa target pengintaian termasuk istri Necas, Radka Necasova. Necas mengumumkan pekan ini bahwa mereka bercerai.

Necas membantah semua tuduhan terhadap Nagyova dan lima dakwaan lainnya. Dia mengatakan: "Saya secara pribadi yakin bahwa saya tidak melakukan sesuatu yang tidak jujur dan bahwa rekan-rekan saya juga tidak melakukan sesuatu yang tidak jujur."

Namun, pada Minggu (16/06) malam, ia mengatakan: "Saya menyadari tanggung jawab politik saya."

"Saya akan mengajukan pengunduran diri saya sebagai perdana menteri besok," katanya. "Seluruh pemerintahan, karena itu, akan mengundurkan diri bersama saya."

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions