Pages

Kamis, 20 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Yuk, Deteksi Dini Kerusakan Hati
Jun 20th 2013, 11:10

detail berita

dr. Rino Alvani Gani (foto: Helmi Ade Saputra/Okezone)

MENGENAI penyakit hepatitis di Indonesia, garis besar guideline sangat diperlukan dan menjadi pedoman dokter untuk memeriksa pasien dan bermanfaat untuk mengontrol pengobatan.
 
Hal ini seperti diutarakan Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), Dr.dr. Rino Alvani Gani, SpPD, KGEH, FINASIM dalam seminar bertajuk 'Waspadai Hepatitis B dan C ; Kenali, Cegah, Obati!, bahwa hasil garis besar guideline bermanfaat untuk mengontrol pengobatan.
 
"Sebagai contoh hepatitis A guideline pencegahannya dengan meningkatkan higienitas dan sanitasi baik. Sedangkan untuk hepatitis B dan C, yaitu penggunaan terapi yang tepat, baik dosis maupun waktunya," ujar Dr. Rino di Hotel Gran Melia, Jakarta, Kamis (20/6/2013).
 
Lebih lanjut Dr. Rino mengatakan deteksi dini memainkan peranan penting untuk melihat bagaimana tingkat kerusakan hati dan tingkat konsentrasi jumlah virus, sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan.
 
Ia juga menginformasikan terdapat kelompok masyarakat yang harus melakukan deteksi, diantaranya, para pekerja kesehatan, keluarga pasien hepatitis, kemudian yang riwayat menggunakan narkoba, transfusi darah, tato, tindik, dan ibu hamil.
 
"Namun demikian, tidak semua pasien hepatitis memerlukan terapi, ada kalanya pasien dengan kerusakan hati yang minimal hanya memerlukan monitoring. Dilaksanakannya sekitar 6 bulan sekali," tandasnya.
 
(uky)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions