Pages

Selasa, 04 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
PBB: Bukti penggunaan senjata kimia di Suriah
Jun 4th 2013, 09:35

Laporan PBB tentang Suriah

Laporan PBB tidak menyebutkan bahan senjata kimia yang disebutkan dilakukan kedua belah pihak.

Laporan terbaru PBB menyebutkan terdapat bukti senjata kimia yang mungkin telah digunakan oleh kedua belah pihak dalam konflik Suriah.

Laporan itu menyebutkan ditemukan "alasan kuat" untuk meyakini bahwa senjata kimia digunakan di empat kejadian pada bulan Maret dan April.

Namun Komisi PBB tidak menyebutkan secara pasti jenisKlik bahan kimia yang digunakan.

PBB menyerukan kepada Damaskus untuk mengizinkan pakar senjata kimia PBB masuk ke negara itu.

Laporan PBB itu mengatakan konflik Suriah "telah mencapai tahapan brutalitas", dengan terjadinya pelanggaran termasuk kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh pasukan pemerintah dan pemberontak.

Laporan -yang didasarkan pada kesaksian korban, staf medis dan saksi lain- itu muncul di tengah ketidaksepakatan untuk menetapkan tanggal konferensi perdamaian di Suriah.

Perang di Suriah menyebabkan paling tidak 80.000 orang meninggal dunia.

Dalam jangka waktu empat bulan konflik yang diselidiki PBB, dari tanggal 15 Januari sampai 15 Mei 2013, para penyelidik mencatat 17 kemungkinan pembantaian.

PBB "mendokumentasikan untuk pertama kalinya pengepungan sistematis, penggunaan bahan kimia, dan pengungsian paksa".

Organisasi dunia itu menyebutkan "ada landasan kuat untuk meyakini bahwa sejumlah bahan kimia beracun digunakan" selama serangan oleh pasukan pemerintah di Khal al-Assal, Allepo pada tanggal 19 Maret, al-Otaybeh, Damaskus pada tanggal 19 Maret, Sheikh Maqsoud, Aleppo tanggal 13 April dan Saraqeb, Provinsi Idlib pada 29 April."

Namun PBB mengatakan "tidak memungkinan, dengan bukti yang ada, untuk menentukan bahan kimia serta sistem yang digunakan dan siapa pelanggarnya".

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions