Pages

Minggu, 19 Mei 2013

Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Mundur, RS Admira Beralasan Tarif Baru KJS
May 18th 2013, 23:18

TEMPO.CO, Jakarta-Direktur Operasional Rumah Sakit Admira, Yulfrida, mengaku persoalan berbedaan tarif membuat rumah sakitnya mundur dari program Kartu Jakarta Sehat Pemerintah Provinsi DKI. "Ada perubahan tarif," ujarnya ketika dihubungi Tempo, Sabtu 18 Mei 2013. "Kami sebagai RS swasta enggak berani."

Sistem baru yang dimaksudnya adalah INA-CBG (case-based group) Askes. Namun, dia enggan menjelaskan keberatannya secara detil. Yulfrida hanya berujar, "Kami belum mengerti sistem INA-CBG." Perwakilan RS Admira tidak hadir dalam sosialisasi tarif baru oleh PT. Askes lantaran sudah memutuskan untuk tidak ikut dalam KJS.

Yulfrida membantah mundur dari KJS karena kewalahan menangani pasien yang membanjir. RS di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur, itu tergolong baru sehingga jumlah pasien tidak membludak seperti RS rujukan lain.

Sebelumnya, 16 RS swasta mundur dari program KJS. Mereka adalah RS Thamrin, RS Admira, RS Bunda Suci, RS Mulya Sari, RS Satya Negara, RS Paru Firdaus, RS Islam Sukapura, RS Husada, RS Sumber Waras, RS Suka Mulya, RS Port Medical, RS Puri Mandiri Kedoya, RS Tri Dipa, RS JMC, RS Mediros, RS Restu Mulya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan akan mengevaluasi sistem Indonesia Case Based Group (INA CBG) yang ditawarkan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS). INA CBG merupakan sistem pembayaran kepada pemberi pelayanan kesehatan (PPK) yang dikelompokkan berdasarkan ciri klinis dan biaya perawatan yang sama. Sistem ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

Selama ini premi kesehatan KJS adalah senilai Rp 23 ribu per orang setiap bulan. Sebagai alternatif penyelesaian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuat sistem sendiri dengan nama Jakarta CBG, dengan angka premi sebesar Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu per bulan.

Badan Pengelola Jaminan Sosial belum dikonfirmasi mengenai perbedaan tarif rumah sakit ini.

ATMI PERTIWI

Topik terhangat:
PKS Vs KPK
| E-KTP | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

METRO Terkait:
EDISI KHUSUS Cinta dan Wanita Ahmad Fathanah
DPRD Maklumi 16 Rumah Sakit Mundur dari KJS
Rugi, 16 Rumah Sakit Mundur dari KJS

RS Thamrin Mundur dari KJS Karena Tarif

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions