Pages

Jumat, 31 Mei 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Siswa keturunan India menang lomba mengeja di AS
May 31st 2013, 09:26

Arvind Mahankali

Arvind Mahankali dalam lomba sebelumnya hanya mampu meraih juara tiga.

Siswa remaja dari keluarga imigran asal India berhasil meraih juara nasional lomba mengeja Scripps National Spelling Bee di di Amerika Serikat.

Arvind Mahankali, yang berusia 13 tahun, meraih juara pertama dalam lomba yang ke-86 setelah berhasil mengeja knaidel dengan benar.

Remaja yang tinggal di New York ini merupakan warga keturunan Asia keenam yang meraih juara nasional dalam enam tahun terakhir. Dia juga menjadi siswa pria pertama yang meraih juara sejak tahun 2008.

Mahankali, putra dari ayah yang bekerja sebagai konsultan IT dan ibu yang merupakan ahli fisika, sudah empat kali ikut Scripps National Spelling Bee.

Tahun 2010 dia berada pada peringkat sembilan, dan merebut juara tiga pada 2011 dan 2012. Dalam tiga kejuaraan itu, dia selalu gagal saat mengeja kata Bahasa Inggris yang berakar dari Bahasa Jerman.

Kali ini dia dengan benar mengeja knaidel yang juga berakar dari Bahasa Jerman, yang artinya semacam bakso atau sering disebut juga matzah ball.

Lomba mengeja di Amerika Serikat

Sebanyak 11 juta siswa ikut babak penyisihan di Amerikta Serikat dan beberapa negara lain.

"Kutukan Jerman berubah menjadi berkat Jerman," tuturnya setelah mengalahkan delapan finalis, seperti dikutip kantor berita AFP.

Lomba ejaan di Amerika Serikat ini sebenarnya bersifat internasional dengan disiarkan secara langsung di TV dan mendapat perhatian yang meluas di Amerika Serikat dan beberapa negara lain.

Tahun ini 281 peserta dari delapan negara masuk putran final setelah melewati babak penyisihan lokal yang diikuti 11 juta siswa di Amerika Serikat dan negara lain.

Sejumlah kata bahasa Inggris yang diserap dari bahasa asing termasuk dalam soal-soal yang diajukan dalam kejuaraan, seperti tokonoma dari Bahasa Jepang, maupun galere dari Bahasa Prancis.

Mahankali, yang mendapat hadiah uang tunai US$30.000 atau sekitar Rp300 juta dan tabungan sebesar US$2.500 untuk biaya di universitas nanti, bercita-cita meraih gelar doktor untuk bidang fisika.

Ayahnya, Srinivas Mahankali, berimigasi ke Amerika Serikat dari Hyderabad, India selatan, pada tahun 1990-an.

Juara kedua dan ketiga untuk tahun 2013 juga merupakan warga Amerika Serikat dari keluarga imigran, yaitu Pranav Sivakumar dan Sriram Hathwar.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions