Pages

Rabu, 29 Mei 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Pameran lukisan Munch digelar di Oslo
May 29th 2013, 04:37

munch

The Scream, salah satu lukisan Edvard Munch yang menjadi ikon seni modern.

Sebuah pameran karya pelukis Norwegia Edvard Munch akan digelar di Oslo, ibukota negara, itu guna memperingati 150 tahun kelahiran sang artis. Pameran ini diklaim akan menjadi yang "paling komprehensif."

Mengusung tema "Munch Exhibition of the Century," pameran ini akan berlangsung dari tanggal 2 Juni hingga 13 Oktober 2013.

Lebih dari 270 karya Munch akan dipamerkan. Dalam pelaksanaannya, pameran ini akan diadakan di dua tempat yaitu di National Museum of Art, Architecture and Design dan Munch Museum.

Karya Munch yang diproduksi dalam jangka waktu dari tahun 1882 hingga 1903 akan dipamerkan di National Gallery, sementara karyanya dari tahun 1904 hingga 1944 akan dipamerkan di Munch Museum.

Museum ini juga meminjam karya-karya Munch yang kini dimiliki oleh kolektor pribadi maupun publik dari berbagai penjuru dunia untuk dipamerkan.

Direktur Munch Museum, Stein Olav Henrichsen, berharap pameran ini dapat "memperluas minat, pengetahuan dan antusiasme terhadap kehidupan dan karya seni Munch baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional."

Pameran ini akan juga meliputi karya debut pelukis ini ketika ia masih berusia 20-an pada tahun 1883 hingga ia berhenti melukis beberapa saat sebelum kematiannya di tahun 1944.

Dalam sebuah lelang di New York pada Mei tahun lalu, karya terkenal Edvard Munch yaitu The Scream menjadi lukisan paling mahal yang pernah dilelang. Klik Lukisan ini terjual dengan harga hampir US$120 juta.

Lukisan aliran ekspresionis yang selesai pada tahun 1895 ini adalah satu dari empat buah seri lukisan yang hingga kini masih dimiliki oleh kolektor pribadi.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions