Pages

Minggu, 23 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Harga Pangan Naik, Pemerintah Diminta Tetapkan Margin
Jun 23rd 2013, 04:35

SEKTOR RIIL

Minggu, 23 Juni 2013 11:35 wib

Dina Mirayanti Hutauruk - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BANDUNG - Menjelang Ramadan, harga-harga kebutuhan pokok mulai merambat naik. Hal ini terjadi lantaran panjangnya rantai distribusi dari penyuplai utama hingga ke konsumen.

Oleh karena itu, peran pemerintah daerah dibutuhkan untuk memangkas distribusi pangan yang pajang ini. Sebab, yang tahu kebutuhan di daerah hanya pemerintah daerah.

Pakar ekonomi dari Komite Ekonomi Nasional (KEN) Aviliani mengatakan, jika peran Pemda diaktifkan maka inflasi akan dapat ditekan, sebab pemda yang melihat situasi di daerahnya dan kebutuhan setiap daerah berbeda-beda sehingga kebijakan nasional yang selama ini diterapkan sanga tidak tepat.

Selain itu, Aviliani menilai yang perlu dilakukan adalah mengontrol waktu distribusi (time lag) mulai dari impor hingga barang sampai ke pasar.

"Seringkali kalau barang tahan lama, ditahan di gudang dan ketika harga naik baru barang keluar, ini yang tidak benar. Jadi distorsinya disini," jelas dia di Hotel Hilton, Bandung, kemarin.

Karenanya, dia mengungkapkan pemerintah perlu mencontoh Pemerintah Korea, dimana setiap gudang penyimpanan bahan pangan dipasang Eye city, sehingga pemerintah tahu di gudang mana saja pasokan masih tersedia.

"Sementara kita kan enggak ada eye city, jadi di gudang ada berapa kita enggak tahu. Jadi kalau perlu margin harus ditetapkan sehingga orang tidak seenaknya naikkan harga," tukas dia. (mrt)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions