Pages

Sabtu, 25 Mei 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Umat Budha Cilacap Rayakan Waisak di Gunung Selok
May 25th 2013, 06:07

Created on Saturday, 25 May 2013 13:07 Published Date

Cilacap, GATRAnews - Ratusan umat Budha dari berbagai daerah Jawa Tengah merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2557, di Padepokan Agung Sanghyang Jati, Gunung Selok, Cilacap, Sabtu. Antara melaporkan, Perayaan Waisak dipimpin oleh pengasuh Padepokan Agung Sanghyang Jati, Bhante Dhamma Tejo Thera ini mengambil tema Dengan Perayaan Waisak Mari Kita Bangun Karakter Jati Diri Bangsa Untuk Menuju Bangsa yang Berkepribadian Luhur.

Saat memberikan ceramah menyambut detik-detik Waisak, Bhante Dhamma Tejo Thera mengajak umat Buddha untuk selalu mengikuti ajaran Sang Buddha Siddhartha Gautama. "Jadi umat Budha jangan mudah percaya pada setiap omongan orang, tetapi percayalah kepada perkataan Sang Budha. Kita harus senang mengikuti ajaran kebaikan Sang Budha," katanya.

Menurut dia, Sang Budha merupakan guru yang bijaksana dalam mengajarkan kebaikan. Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak umat Budha untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghormati berbagai perbedaan yang ada. Usai memberikan sambutan, Bhante Tejo (panggilan akrab Bhante Damma Tejo Thera, red.) memimpin pembacaan doa yang dilanjutkan prosesi memercikan air suci ke seluruh umat Buddha yang hadir di tempat itu.

Tepat pada peringatan detik-detik Waisak, pukul 11.24 WIB, Bhante Tejo memimpin prosesi memandikan "rupang" (patung kecil, red.) Sang Buddha yang menggambarkan proses pemandian saat kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama (Sang Budha, red). Prosesi memandikan "rupang" Sang Buddha juga dilakukan seluruh umat dengan iringan lagu "Dasa Paramitha". (Dh)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions