Pages

Senin, 27 Mei 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Inilah Para Pemenang "Festival Film Cannes 2013"
May 27th 2013, 04:12

Created on Monday, 27 May 2013 11:12 Published Date

Bérénice Bejo (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)Jakarta, GATRAnews - Film drama Blue is the Warmest Colour memenangkan piala Palme d`Or atau palem emas sebagai "Film Terbaik" di Festival Film Cannes 2012. Blue Is The Warmest Colour merupakan kisah drama percintaan berdurasi tiga jam tentang dua orang perempuan lesbian, didukung Adele Exarchopoulos dan Lea Seydoux. Bruce Dern memenangkan gelar "Aktor Terbaik" dalam film Nebraska, sedangkan aktris Prancis Bérénice Bejo (yang dikenal setelah bermain film peraih Oscar The Artist) meraih predikat "Aktris Terbaik" dalam perannya di film The Past. Para pemenang dipilih dari 20 film yang mengikuti kompetisi dan diumumkan pada upacara penutup, Minggu (26/5) waktu setempat.

Dalam Blue Is The Warmest Colour, Exarchopoulos memerankan remaja berusia 15 tahun yang jatuh cinta pada wanita yang lebih tua. Disutradarai oleh Abdellatif Kechiche, The Guardian menyebut film ini "epik dan intim", namun Variety menggambarkannya sebagai "film dengan adegan-adegan seksual lesbian yang paling eksplisit".

Sementara The Hollywood Reporter menuliskannya sebagai film yang menembus batas performa dengan kenyataan.

Film ini juga dipertanyakan apakah adegan seksualnya terlalu eksplisit untuk memenangkan hadiah tertinggi festival bergengsi tersebut, namun ketua juri sutradara Steven Spielberg menjelaskan film tersebut memiliki pesan positif yang sangat kuat, seperti dikutip dari BBC.

The Past yang membawa Bérénice Bejo meraih predikat "Aktris Terbaik" diarahkan oleh Asghar Farhadi, sutradara Iran yang meraih Oscar melalui film A Separation (2011).

Sementara "Sutradara Terbaik" diberikan kepada Amat Escalante dari Meksiko, yang membesut drama brutal Heli yang menceritakan perang narkoba di negaranya. Jia Zhangke dari Cina meraih "Naskah Terbaik" untuk film A Touch of Sin, yang mengungkapkan korupsi yang merajalela di negaranya.

Film Like Father Like Son meraih the "Jury Prize". Film tersebut menceritakan dua keluarga yang menemukan anak mereka tertukar saat lahir, dibesut oleh sutradara Jepang, Hirokazu, Kore-eda.

Dewan juri untuk festival yang berlangsung selama 10 hari ini adalah Steven Spielberg (ketua), sutradara Ang Lee, aktris Nicole Kidman, aktor Christoph Waltz, sutradara Lynn Ramsay, aktor Prancis Daniel Auteuil, sutradara Cristian Mungiu, sutradara Naomi Kawase, and aktor Bollywood Vidya Balan. Beberapa film lain yang sempat diunggulkan dan meraih pujian adalah Behind The Candelabra (dibintangi Michael Douglas) dan The Great Beauty (sutradara Paolo Sorrentino). (*/Ven)

Berikut adalah daftar lengkap pemenang Cannes 2013:

  • Palme d`Or: La Vie D`Adele – Chaptire 1 & 2 (Blue Is The Warmest Color) - sutradara Abdellatif Kechiche
  • Grand Prix: Inside Llewyn Davis - sutradara Ethan & Joel Coen
  • Best Director: Amat Escalante (Heli)
  • Best Screen Play: Tian Zhu Ding/A Touch of Sin (Jia Zhangke)
  • Best First Feature: Ilo Ilo – sutradara Anthony Chen

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions