Pages

Kamis, 31 Oktober 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Shop the Official Crayola Store

Find art supplies for outdoor play, coloring books for indoor play and lots more. Visit our colorful online store today.
From our sponsors
Gembok sepeda pintar anti maling
Oct 31st 2013, 07:07, by BBC Indonesia

Gembok Lock8

Gembok Lock8 memenangkan penghargaan perusahaan start-up pada sebuah konferensi teknologi di Berlin.

Pencuri akan sangat kesulitan menggondol sepeda yang sudah dipasangi gembok pintar model terbaru yang diklaim aman dari pemindahan, guncangan maupun perusakan.

Gembok bernama Lock8 ini dibuat dengan menggabungkan kemampuan sensor didalamnya, serta pirangkat penanda lokasi GPS yang dikendalikan dengan memanfaatkan sinyal ponsel GSM.

Benda sepele yang canggih ini memenangkan penghargaan sebagai model perusahaan pemula alias start-up di arena konferensi Techcrunch Disrupt di Berlin baru-baru ini.

Direktur Teknologi Lock8 Daniel Zajarias-Fainsod mengatakan alat buatan mereka ini begitu canggih sehingga sebenarnya 'tak layak' lagi disebut gembok sepeda.

"Ini sebenarya sudah bukan berbentuk gembok lagi, karena sangat canggih. Lebih mirip piranti keamanan," katanya kepada program BBC Science.

Kecanggihannya menurut Zajarias-Fainsod menggabungkan unsur modul GSM dan GPS untuk mengkomunikasikan posisi persis sepeda ini dimana pun ditinggalkan pemiliknya.

Kalau ada orang iseng, sepeda akan segera memberi tahu pemilik karena sejumlah sensor di dalam badan gemboknya.

"Sensor vibrasi supaya sepeda mampu mendeteksi kalau ada goyangan atau pergerakan terhadapnya. Ada sensor vibrasi gyroscopic accelerometer yang mendeteksi pemindahan atau benturan terhadap sepeda."

Ada juga sensor suhu karena pencuri kerap menggunakan semprotan suhu beku untuk melumpuhkan gembok sepeda sebelumnya.

Meski canggih, benda ini diklaim pembuatnya sangat mudah dioperasikan.

"Sederhana sekali, Anda cuma perlu memasang dan mengencangkan gemboknya ke belakang, kemudian menyalakan sistem pengamannya melalui telepon," tambah Zajarias-Fainsod.

Gangguan apa pun terhadap kendaraan angin itu, termasuk benturan atau upaya memindahkannya, akan langsung menyalakan alarm yang terpasang pada sepeda dengan suara yang akan membuat gendang telinga nyeri, tambahnya.

Informasi tentang kondisi terkini sepeda akan dikirim pada pemilik melalui pantauan di ponselnya.

"Saya tak akan mencobanya, dari jarak jauh kedengaran alarmnya mengganggu tapi dari dekat akan menyakiti telinga," katanya.

Meski nampaknya cukup punya prospek bisnis menjanjikan, produksi gembok pintar ini masih menunggu pengumpulan modal dari publik.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions