Pages

Rabu, 30 Oktober 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com 
Find Unique T-shirts

Explore the most popular t-shirts on Cafepress. Discover great designs celebrating anything you can think of.
From our sponsors
Wabup Ponorogo Melepas Pasung Pasien Skizofrenia
Oct 30th 2013, 01:24

Created on Wednesday, 30 October 2013 08:30 Published Date

Ponorogo, GATRAnews - Supri sudah 20 tahun menderita skizofrenia. Selama itu pula pria 50 tahun ini dipasung di belakang rumahnya. Pinggang warga Desa Paringan, Ponorogo, diikat, sehingga tidak nampak dipasung lantaran tertutup baju.

Nah, Selasa (29/10) lalu, lulusan STM itu dilepas pasungnya oleh Wakil Bupati Yuni Widyaningsih langsung dari rumahnya. Supri dibawa ambulans ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya untuk dirawat inap selama 1 bulan –tergantung perkembangan penyakitnya. "Kami bawa supaya cepat sembuh," ujarnya. Pelepasan itu juga dihadiri dokter-dokter RSJ Menur, Puskesmas Paringan, inisiator kampanye kesadaran publik dari Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia, dan Asosiasi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Indonesia. Selain Supri, ada beberapa warga Ponorogo yang menderita skizofrenia (umum menyebut penyakit  gila).

Salah satunya Sutarman yang sudah sembuh setelah dirawat di RSJ Menur. Yuni bertekad menurunkan kasus skizofrenia dan yang dipasung akibat penyakit jiwa tadi. Tahun ini angka pasien yang dipasung 71 orang, lebih tinggi dari tahun lalu yang berjumlah 68 orang. "Kami targetkan pada 2014, daerah kami bebas pasung," tambahnya. Ini  sesuai dengan target pemerintah Provinsi Jawa Timur agar nol orang yang dipasung akibat skizofrenia tahun depan. Direktur RSJ Menur dr Adi Wirachjanto, mengatakan bahwa pemasungan disebabkan oleh permasalahan ekonomi dan pertimbangan keselamatan jiwa penderita dan masyarakat. "Gangguan jiwa ini dikarenakan faktor internal, yaitu faktor keturunan," ujarnya. (ARK)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions