Pages

Senin, 24 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Keberadaan Snowden 'tidak diketahui'
Jun 24th 2013, 11:24

Penerbangan Snowden

Snowden mendapat kursi 17A namun saksi mata mengatakan tidak melihatnya di penerbangan ke Kuba.

Keberadaan Edward Snowden tidak diketahui setelah kursi penumpang di pesawat terbang yang sedianya membawanya ke Kuba hari Senin (24/06) kosong.

Pegawai yang pernah dikontrak CIA ini mendapat kursi nomor 17A namun wartawan dan saksi mata mengatakan tidak melihat keberadaan Snowden di pesawat milik maskapai penerbangan Rusia, Aeroflot tersebut.

Sejumlah saksi mata juga mengatakan mereka tidak melihat Snowden di ruang tunggu.

Yang jelas, pesawat dengan nomor penerbangan SU150 telah meninggalkan Moskow menuju Kuba.

Snowden -yang membocorkan kegiatan badan keamanan Amerika Serikat (NSA) untuk memantau komunikasi warga- Klik tiba di Moskow pada hari Minggu dari Hong Kong, yang menjadi tempat berlindung sejak ia membongkar kegiatan NSA.

Ia bermalam di bandar udara di Moskow dan diyakini menuju Ekuador melalui Kuba dan Venezuela.

Ekuador diperkirakan Klik menjadi tujuan Snowden berikutnya karena negara ini mengisyaratkan menerima permintaan suaka Snowden.

Menteri Luar Negeri Ekuador, Ricardo Patino, mengatakan keputusan permintaan suaka akan didasarkan pada prinsip kebebasan mengemukakan pendapat dan keselamatan warga di seluruh dunia.

Kelompok WikiLeaks juga mengatakan akan membantu Snowden.

Dalam perkembangan terkait, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry mengatakan pihaknya akan kecewa bila Cina dan Rusia tidak menghentikan perjalanan Snowden, sementara kedua negara ini secara resmi telah menerima permintaan Washington.

Kerry mengatakan bila memang demikian keadaannya, akan ada dampak sikap tersebut terhadap hubungan AS-Rusia dan AS-Cina.

Ia mendesak Moskow untuk menghormati hukum namun para pejabat Rusia menegaskan bahwa Snowden hanya singgah dan tidak melanggar perbatasan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying, mengatakan Beijing menghormati cara Hong Kong menangani kasus ini.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions