Pages

Selasa, 18 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Aksi massa di Brasil meluas
Jun 18th 2013, 01:12

sao paolo

Massa berkumpul di Pinheiros, Sao Paulo dalam aksi menentang kenaikan tarif tiket.

Puluhan ribu warga turun ke jalan-jalan kota terbesar Brasil, Sao Paulo dalam aksi menentang kenaikan harga tiket transportasi publik.

Aksi massa juga berlangsung di sejumlah kota lain termasuk ibukota, Brasilia, dimana para pendemo menaiki atap bangunan kongres nasional.

Massa pendemo juga dilaporkan bentrok dengan polisi di dekat gedung majelis parlemen Rio de Janeiro.

Aksi massa ini dimulai pekan lalu setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga tiket bus.

Pemerintah pada tanggal 2 Juni menaikkan harga tiket satu kali perjalanan bus di Sao Paolo dari 3 real atau sekitar Rp12.000 menjadi 3,2 real atau sekitar dari Rp15.000.

Otoritas setempat menyatakan peningkatan harga tersebut masih di bawah angka inflasi, di mana kenaikan harga terakhir berlangsung Januari 2011 sebesar 15,5%.

Tetapi keluhan para pendemo kemudian berkembang dari sekadar menentang biaya transportasi ketika aksi di Sao Paulo berakhir dengan kekerasan yang menyebabkan belasan orang terluka, termasuk sejumlah wartawan.

Sejak itu, pendemo memprotes transportasi publik, keamanan, kesehatan dan pemborosan investasi publik dalam pelaksanaan dua turnamen sepakbola internasional.

Aksi protes semakin meningkat sejak ajang sepak bola Piala Konfederasi - yang dianggap sebagai pemanasan menjelang Piala Dunia 2014 - dimulai Sabtu (15/06)

Dalam aksi protes Senin kemarin, massa pendemo di Brasilia menerobos pengamanan bangunan kongres nasional dan menaiki atap bangunan hasil karya Oscar Niemeyer tersebut.

Di Sao Paulo, sekitar 65.000 orang berhasil melumpuhkan kegiatan kota, sementara polisi hanya berdiri dan mengawasi aksi.

Kepala polisi kota saat bertemu para pendemo menyatakan bahwa polisi biasa tidak membawa senjata peluru karet dalam mengamankan demonstrasi.

Sedangkan di Rio, massa yang mencoba memasuki gedung majelis parlemen dihalau polisi dengan menembakkan peluru karet dan gas air mata.

Para pendemo di kota ini juga membakar sebuah mobil dan menyalakan tiga api unggun di jalanan.

Aksi protes juga berkembang di Belem dan bentrokan juga berlangsung di Belo Horizonte, saat pendemo mencoba menerobos masuk ke stadion yang digunakan untuk pertandingan antara Tahiti dan Nigeria di Piala Konfederasi.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions