Pages

Minggu, 28 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Menteri Italia berkulit hitam dilempar pisang
Jul 28th 2013, 05:26, by BBC Indonesia

Cecile Kyenge

Cecile Kyenge mengatakan aksi rasial itu menyedihkan dan membuang-buang makanan.

Politisi Italia marah setelah menteri kulit hitam pertama di negara itu dilempari pisang saat melakukan pawai politiknya.

Menteri Integrasi, Cecile Kyenge yang juga pernah mengalami pelecehan ras sebelumnya mencoba untuk tidak menghiraukan dan mengatakan insiden itu sebagai 'aksi buang makanan.'

Namun Menteri Lingkungan Italia, Andrea Orlando dalam akun Twitternya mengatakan dia merasa 'sangat marah' atas insiden tersebut.

Awal bulan ini seorang senator Italia meminta maaf setelah mengatakan Kyenge mengingatkan dia pada orangutan.

Kyenge yang lahir di Kongo mengalami insiden tidak menyenangkan itu saat sedang berbicara dalam pawai politik Partai Demokratik di Cervia hari Juma (26/07) lalu.

Ketika dia sedang berbicara tiba-tiba seorang warga yang tidak diketahui identitasnya dan sedang berada di kerumunan penonton melemparkan pisang ke arah panggung dan jatuh di dekatnya.

Kepolisian Italia mengatakan mereka saat ini tengah mencari pelaku pelemparan tersebut.

Dalam respon yang disampaikan melalui Twitter, Kyenge mengatakan insiden itu sebagai sesuatu yang 'menyedihkan' dan 'buang-buang makanan'.

"Keberanian dan optimisme untuk mengubah hal ini telah muncul kepada semua mulai dari bawah hingga ke lembaga ini," tambahnya.

Politisi Italia telah menggelar pawai untuk mendukung Kyenge pada hari Sabtu (27/08), mereka mengirimkan pesan dukungan dan kutukan terhadap pelaku.

Wartawan BBC di Italia mengatakan penghinaan dan ancaman yang dialami oleh Kyenge menunjukkan meluasnya kasus rasisme di tengah masyarakat Italia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions