Pages

Senin, 29 Juli 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com 
Penulis Lagu dan Musisi JJ Cale Tutup Usia
Jul 29th 2013, 00:26

Created on Monday, 29 July 2013 07:26 Published Date

JJ Cale (Dok. JJ Cale/Jane Richey)Jakarta, GATRAnews - Musisi JJ Cale yang dikenal sebagai pencipta lagu hits seperti Cocaine dan After Midnight yang dipopulerkan Eric Clapton dikabarkan meninggal dunia pada Jum`at (26/7) karena serangan jantung. Menurut keterangan presiden dari agen manajemennya, JJ Cale berusia 74 tahun saat meninggal. Ia tutup usia di rumah sakit Scripps Memorial, La Jolla, California, seperti dituliskan di situs resminya, dilansir dari CNN.

Para musisi dan pelaku industri musik seangkatannya menganggap JJ Cale sebagai legenda, meski fans generasi kini mungkin tak familiar dengan namanya. "JJ Cale dicintai penggemar di seluruh dunia karena musik yang indah dan apa adanya. Ia juga dicintai lebih lagi oleh mereka yang pernah bekerjasama dengannya karena kerendahan hatinya," demikian komentar Mike Kappus, presiden dari agensi Rosebud.

Salah satu lagu Cale yang sukses adalah Call Me The Breeze (dipopulerkan Lynyrd Skynyrd). Penyanyi dan musisi lain seperti Santana, The Allman Brothers, Johnny Cash, dan lain-lain, ikut menyanyikan dan memainkan lagu ciptaan musisi bernama lengkap John Weldon Cale itu. Ia memenangkan plakat Grammy tahun 2006 untuk album kolaborasi dengan Eric Clapton bertajuk The Road to Escondido. Musisi lain seperti The Band, Chet Atkins, Freddie King, Maria Muldaur, dan Captain Beefheart, juga sempat merekam lagu-lagu karya Cale.

Menurut Kappus, Cale adalah sosok yang menghindari sorotan dan sangat rendah hati meski musiknya menjadi legendaris. "Kita kehilangan seniman besar dan orang hebat," kata Eric Clapton di halaman Facebook-nya.

Buku biografi resmi dari JJ Cale menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang hanya mengenal musik sebagai dunianya. Dalam buku tesebut Cale menceritakan ia membuat album perdananya pada usai 32 tahun dan merasa terlalu tua ketika memulai. Cale tinggal di Tulsa dan saat itu hampir menyerah untuk masuk ke dunia bisnis rekaman ketika tiba-tiba Eric Clapton membuat lagu After Midnight karyanya melejit. Setelah kesuksesan itu Cale merekam album perdananya di Nashville.

JJ Cale juga dihargai sebagai salah satu yang menemukan Tulsa Sound, aliran musik yang merupakan campuran dari rockabilly, rock and roll, country, dan blues. Jenis musiknya cukup kontras dengan rock psychedelic yang sedang ngetrend saat itu. (*/Ven)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions