Pages

Rabu, 31 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Percakapan saat makan pengaruhi kemampuan anak
Jul 31st 2013, 02:53, by BBC Indonesia

Natalie Cassidy

Natalie Cassidy berbincang bersama anaknya di ruang makan.

Berbincang di waktu makan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak, seperti diungkapkan oleh studi yang dilakukan oleh National Literacy Trust.

Anak-anak yang keluarganya memilki kebiasaan duduk dan bercakap-cakap selama makan siang akan lebih percaya diri, seperti diketahui dalam jajak pendapat terhadap 35.000 anak-anak di Inggris.

Sekitar satu dari empat anak tidak memiliki kebiasaan berbincang ketika makan dengan keluarga mereka, ungkap penelitian tersebut.

Mantan aktris EastEnders, yang juga seorang ibu dan juru kampanye minat baca Natalie Cassidy mengatakan: "Makanan merupakan bahan bakar untuk tubuh kita. Juga demikian percakapan bagi otak kita.

Cassidy mendesak kepada orangtua:" Meski anda sibuk, luangkan 10-15 menit untuk duduk bersama".

Dia mengatakan "Kata-kata yang terucap dan mendengarkan kembali merupakan langkah utama dalam tangga belajar" bagi anaknya Eliza, tiga tahun.

Studi ini melibatkan anak-anak yang berusia delapan sampai 16 tahun, dari 188 sekolah di seluruh Inggris, yang mengisi kuisioner di kelas mereka pada akhir tahun lalu.

Data menunjukan bahwa duduk diam di waktu makan berdampak buruk pada kepercayaan diri anak-anak dibandingkan dengan sama sekali tidak makan bersama dengan keluarga.

Hasil menunjukan bahwa dua pertiga (62%) yang memiliki kebiasaan makan bersama keluarga sehari-hari merasa percaya diri berbicara di depan kelompok, dibandingkan dengan mereka (47%) yang makan sambil diam dan (52%) anak yang tidak makan bersama keluarga.

Tiga perempat anak (75%) dari mereka yang berbincang disaat makan dengan keluarga mengatakan merasa percaya diri ketika berdiskusi di kelas, dibandingkan dengan 57% yang makan bersama tetapi tidak atau jarang berbincang, dan dua pertiga (64%) dari mereka yang tidak makan bersama keluarga.

Kampanye kata-kata untuk kehidupan dari National Literacy Trust menyerukan agar keluarga mendorong kemampuan berbicara dan mendengar anak-anak mereka "dengan mengambil langkah yang kecil seperti bercakap-cakap bersama pada saat makan".

Direktur Jonathan Douglas mengatakan: "Penelitian kami menunjukan bagaimana pentingnya percakapan di rumah dengan kesuksesan anak-anak dan anak muda dimasa depan."

"Berbicara dan berkomunikasi di rumah, contohnya diwaktu makan, akan membantu anak-anak maraih kemampuan yang mereka butuhkan untuk sukses dan hidup bahagia."

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions