Pages

Senin, 29 Juli 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Menu-Menu Praktis untuk Berbuka Puasa
Jul 29th 2013, 07:31

CHEF Yeni Ismayani dari ABC Dapur Peduli merancang resep paket makanan untuk berbuka puasa. Menariknya, resep-resep yang dibawakan Yeni terbilang praktis untuk diaplikasikan sendiri di rumah.

Bahan-bahannya mudah didapat, bahkan mungkin sudah Anda miliki di dapur atau kulkas sebagai persiapan memasak. Di samping untuk berbuka puasa, menu sederhana ini juga cocok dibuat sebagai menu sahur mengingat proses memasaknya yang cukup ringkas.

Menu-menu yang ditampikan, ialah ayam kecap, tahu kecap, dan cah buncis jagung manis, serta es timun suri cocopandan. Cah buncis jagung manis, misalnya, Anda hanya perlu memanaskan margarin untuk menumis bawang bombai, bawang putih, cabai merah, dan daun bawang hingga harum.

Kemudian, masukkan ati ayam yang sudah digoreng dengan buncis, lalu diaduk rata dan tambahkan kecap manis berikut merica, gula, dan garam. Beri sedikit air dan biarkan hingga matang. Makanan siap disajikan.

Di samping mendemokan menu-menu ini, Yeni juga berbagi tips mengenai makanan yang baik dikonsumsi selama bulan puasa. "Ketika berbuka, konsumsilah makanan atau minuman manis dahulu. Rasa manis tidak hanya didapat dari gula, tapi bisa dari buah," katanya.

Sebaiknya menyajikan menu lengkap sehingga kaya energi. Itu untuk menggantikan kalori yang sudah hilang dalam sehari.

Sediakan makanan yang sarat protein hewani atau nabati. Jangan khawatir perkara harga daging yang mahal, Anda bisa menyiasati dengan membeli daging ayam atau bahkan ikan yang lebih sehat.

Sekarang tinggal pandai-pandainya Anda mengolah sumber hewani tersebut. Bosan digoreng, Anda bisa membuat ayam kukus atau gulai ayam misalkan. Sementara, ikan bisa dibuat sup, pesmol, atau bahkan pepes.

Kreatif mengolah resep menjauhkan anggota keluarga dari rasa bosan menyantap makanan rumahan dan menghindari membeli makanan di luar. Selain lebih hemat, Anda juga bisa memastikan asupan gizi dan keamanan makanan.

Yeni juga menganjurkan untuk menghindari minuman yang dapat merangsang pencernaan, seperti minuman soda dan sayuran yang mengandung gas. Contoh sayuran tersebut, yakni asparagus, nangka, kubis, dan brokoli. Sebaiknya kurangi konsumsi sayuran jenis ini.

Sementara, susu dan produk turunannya juga mengandung gula yang disebut laktosa. Laktosa sulit dicerna apabila tubuh tidak cukup memiliki enzim laktosa. "Perbanyak makanan mengandung air, serat, dan lemak untuk menahan lapar lebih lama," saran Yeni. (ftr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions