Pages

Rabu, 19 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Protes massal di Brasil berlanjut
Jun 19th 2013, 00:09

brasil

Pelajar turut berunjuk rasa memprotes kenaikan tarif bus dan kereta

Ribuan rakyat Brasil masih terus memprotes kenaikan harga, korupsi dan pemerintahan yang buruk.

Di kota terbesar Brasil, Sao Paulo, terjadi bentrokan di luar kantor walikota dan gas air mata pun ditembakkan.

Demonstrasi ini dipicu oleh kenaikan harga bus dan kereta bawah tanah sebesar 10 sen, tapi koresponden BBC mengatakan kemarahan semakin meluas seiring semakin banyaknya jumlah demonstran.

Sebelumnya, Presiden Brasil Dilma Rousseff memuji massa karena berunjuk rasa dengan tertib dan ia mengatakan pemerintahannya akan mendengarkan tuntutan mereka untuk pendidikan, sekolah dan transportasi yang lebih baik.

"Pemerintah saya mendengarkan suara-suara yang menginginkan perubahan," kata Rousseff dalam komentar pertamanya sejak Klik protes dimulai Senin malam.

"Brasil telah menjadi negara yang lebih kuat," tambahnya. "Sangat menyenangkan melihat begitu banyak orang, anak muda dan dewasa, kakek, ayah dan cucu, bersama-sama mengibarkan bendera Brasil, menyanyikan lagu kebangsaan kita dan berjuang untuk negara yang lebih baik."

Ia mengatakan pemerintah telah mengangkat "40 juta orang ke kelas menengah" tapi masih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan akses kesehatan dan pendidikan gratis.

Aksi ini adalah yang terbesar di Brasil sejak 1992, ketika massa turun ke jalan dan menuntut pemakzulan Presiden Fernando Collor de Mello.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions