Pages

Jumat, 16 Agustus 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Protect Yourself & Family

Never walk alone again with MyForce personal security you keep on your smartphone. Our 5-Diamond CSAA Monitoring Agents instantly monitor all alerts 24/7 nationwide.
From our sponsors
Rencana partai baru di negara komunis Vietnam
Aug 16th 2013, 12:36, by BBC Indonesia

Vietnam

Konstitusi Vietnam menjamin Partai Komunis sebagai pemegang kekuasaan.

Sekelompok pegiat di Vietnam mengumumkan rencana mereka membentuk partai baru untuk mempromosikan demokrasi multipartai.

Para pegiat antara lain termasuk para anggota organisasi pendukung Partai Komunis, yang berdasarkan konstitusi merupakan satu-satunya kekuatan politik di negara tersebut.

Pemerintah Komunis Klik Vietnam biasanya tidak memberi ruang untuk suara yang berbeda dengan garis partai dan dalam beberapa bulan belakangan sekitar 40 penulis blog dijatuhi hukuman penjara.

Wartawan BBC untuk kawasan Asia Tenggara di Bangkok, Jonathan Head, melaporkan bahwa sekedar mempertanyakan keputusan yang diambil Partai Komunis bisa ditangkap.

Hal itu membuat langkah pembentukan partai politik baru cukup mengejutkan walau keterlibatan dua anggota senior Barisan Tanah Air -organisasi yang didukung Komunis- mungkin akan memberi sedikit perlindungan.

Bagaimanapun masih belum ada ancaman atas kekuasaan politik Partai Komunis karena partai baru masih berupa sebuah rencana.

Ho Cho Minh

Mahasiswa yang belajar Marxisme-Leninisme dan ideologi Ho Chi Minh bebas uang kuliah.

Jika memang Partai Sosialis Demokrat kelak terbentuk, masih belum bisa diduga seberapa besar ruang geraknya dan berapa lama pula akan bertahan.

Deklarasi tentang rencana pendirian Partai Sosialis Demokrat yang baru ini dilakukan setelah perdebatan yang tidak biasa selama berbulan-bulan tentang sistem politik.

Perdebatan itu dipicu oleh langkah Partai Komunis meminta masukan dari masyarakat untuk rencana reformasi atas konsitusinya.

Sekelompok akademisi menanggapi dengan menyusun petisi yang menyerukan demokrasi sistem milti partai dan sudah ditandatangani ribuan orang.

Kepercayaan masyarakat atas kepemimpinan Partai Komunis di Vietnam merosot belakangan ini, antara lain karena ketidakmampuan dalam mengelola ekonomi dan juga persaingan antarfaksi di dalam partai.

Selain itu ada kekhwatiran semakin berkurangnya minat atas komunisme.

Hari Rabu (14/08) pemerintah Vietnam memutuskan mahasiswa yang belajar Marxisme-Leninisme dan ideologi Ho Chi Minh Klik tidak perluKlik membayar uang kuliah sebagai upaya meningkatkan minat mahasiswa agar mau belajar mata kuliah yang tidak populer itu.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions