Pages

Rabu, 28 Agustus 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Want new traffic sources?

Download a copy of our complimentary eBook today, and read about sources that most marketers are not aware of.
From our sponsors
Gaet ADB, Pemerintah Siap Listriki Perbatasan RI-Malaysia
Aug 28th 2013, 09:51

ENERGI

Rabu, 28 Agustus 2013 16:51 wib

Dani Jumadil Akhir - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) akan membangun saluran transmisi lintas-negara yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Sarawak, Malaysia, dan menyediakan listrik ramah lingkungan dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) ke 8.000 rumah tangga.

"Kesepakatan ini merupakan wujud kerjasama jangka panjang dengan negara tetangga, dan sebuah langkah maju bagi terciptanya interkonektivitas ASEAN," ujar Kepala Perencanaan Sistem PLN, I Made Ro Sakya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (28/8/2013).        

I Made menjelaskan, PLN saat ini menggunakan bahan bakar minyak untuk mengoperasikan pembangkit listrik di Kalimantan Barat. "Hal ini menyebabkan harga listrik di kawasan tersebut menjadi mahal, mencapai USD25 sen per kilowatt-jam (kWh)," jelasnya.

Dalam perjanjian kerjasama listrik yang disepakati dengan Sarawak, harga listrik di Kalimantan Barat dapat ditekan menjadi USD18 sen per kWh, sedangkan emisi karbon dioksida dari penggunaan pembangkit listrik tenaga minyak dapat dikurangi menjadi 400.000 ton per tahunnya sampai dengan 2020.
       
Menurut I Made, proyek ini akan membangun jaringan transmisi sepanjang 145 kilometer, pengembangan gardu distribusi dan satu gardu induk untuk menjamin pasokan listrik yang memadai di Kalimantan Barat.

"Selain itu, jaringan transmisi bertegangan tinggi and gardu induk lintas batas sepanjang 83 kilometer akan menghubungkan jaringan listrik Kalimantan Barat dengan Sarawak. Diperkirakan listrik sebesar 230 megawatt per jam dapat mengaliri jaringan tersebut," kata I Made. ()

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions