Pages

Jumat, 26 Juli 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Kejati DKI Geledah Kantor Surveyor Indonesia
Jul 26th 2013, 15:40

POLHUKAM

Jum'at, 26 Juli 2013 22:40 wib

Rizka Diputra - Okezone

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA - Jaksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menggeledah Kantor Surveyor Indonesia (SI). Penggeledahan itu terkait kasus dugaan korupsi proyek pemetaan dan pendataan sekolah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2010-2011 senilai Rp55 miliar.

Serikat Pegawai Surveyor Indonesia (SPASI) menilai penggeledahan tersebut aneh, lantaran penggeledahan dilakukan saat sejumlah direksi SI sedang berada di luar kota.

"Padahal berdasarkan aturan perusahaan atau kebiasaaan di BUMN, tidak boleh direksi kosong di perusahaan. Yang mengherankan lagi, pejabat Divisi Dukungan Operasi (DDO) Surveyor tenang-tenang saja," ujar Ketua SPASI, Irman Bustaman, dalam keterangannya, Jumat (26/7/2013).

Dia mengungkapkan, saat penggeledahan, Direktur Utama (Dirut) SI, Muhammad Arief Zainuddin, berada di Yogyakarta, sementara Direktur Operasi, Bambang Isworo, sedang mudik ke Surabaya.

"DDO merupakan divisi yang mengambil alih fungsi keuangan dan pengadaan yang tidak lazim yang ada di perusahaan milik BUMN lainnya," kata dia.

Sekadar diketahui, penggeledahan oleh penyidik dilakukan kemarin, tepatnya di lantai IX, ruang direksi, lantai VIII ruang kepala divisi keuangan yang dijabat Abubakar. Yang bersangkutan kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Penggeledahan yang dilakukan sekira sembilan orang jaksa mulai pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB itu, penyidik Kejaksaan berhasil menyita empat kardus dokumen.

Irman sebelumnya melaporkan Dirut SI, Muhammad Arief Zainuddin ke Polda Metro Jaya, pada Senin 22 Juli 2013 lalu. Dalam Laporan Polisi bernomor TBL/2497/VII/2013/PMJ/Ditreskrimsus tertanggal 22 Juli itu, Muhammad Arief Zainuddin diduga melanggar Pasal 28 huruf a juncto Pasal 43 ayat 1 UU Nomor 20 Tahun 2000 tentang Serikat Kerja.

Laporan itu berangkat dari dugaan tindakan mutasi dan demosi yang tidak diterima serikat pekerja SI. "Ia diduga membuat tindakan mutasi dan demosi karena ada kritik dari serikat pegawai," ujar kuasa hukum SPASI, Muhammad Joni.
(tbn)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions