Pages

Selasa, 18 Juni 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Rencana perundingan langsung AS-Taliban
Jun 18th 2013, 15:01

Taliban

Amerika Serikat tidak mengharapkan perundingan akan segera membawa hasil.

Pemerintah Amerika Serikat mengatakan akan memulai perundingan damai secara langsung dengan Taliban dalam beberapa hari ke depan.

Pejabat Gedung Putih mengatakan perundingan akan berlangsung Qatar, yang sekaligus menjadi tempat bagi kantor Taliban untuk perundingan dengan negara-negara lain.

Wartawan BBC di Washington, Paul Adams, melaporkan para pejabat Klik Amerikat Serikat tidak mengharapkan perundingan damai tersebut akan segera membuahkan hasil.

Pertemuan ini dilihat sebagai sebuah perkembangan yang penting namun membutuhkan kehati-hatian.

Salah seorang pejabat tinggi di Washington mengatakan bahwa proses untuk menuju rekonsiliasi di Klik Afghanistan akan rumit, panjang, dan sulit serta tanpa jaminan akan membuahkan hasil.

Perwakilan pemerintah Afghanistan juga akan hadir dalam pertemuan, yang rencananya akan didahului dengan pernyataan Taliban bahwa mereka menentang penggunaan tanah Afghanistan untuk menyerang negara lain dan akan mendukung proses perdamaian.

Taliban

Taliban masih belum bersedia bertemu pemerintah Afghanistan pimpinan Hamid Karzai.

Pada akhir proses perundingan diharapkan Taliban akan memutuskan semua hubungan dengan al-Qaida, mengakhiri kekerasan dan menerima konstitusi Afghanistan, termasuk perlindungan atas perempian dan kelompok-kelompok minoritas.

Sementara itu dalam pernyataan tentang pembukaan kantornya di Qatar, Selasa 18 Juni, Taliban mengatakan bahwa tujuan utama dari kantor itu adalah untuk bertemu dengan orang Afghanistan dan belum menyebut pemerintah Afghanistan.

Taliban hingga secara resmi masih menolak untuk bertemu dengan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, maupun pemerintahannya karena menuduh mereka sebagai boneka Amerika Serikat.

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa tujuan lainnya adalah untuk menjalin hubungan dengan negara-negara lain, termasuk PBB, badan-badan internasional dan kawasan serta lembaga nonpemerintah.

Taliban sudah memiliki perwakilan di Qatar selama lebih dari setahun, setelah pindah dari Pakistan dengan persetujuan pihak berwenang Pakistan, seperti dilaporkan wartawan BBC, Darwood Azami.

Sebelumnya perwakilan Taliban sudah pernah bertemu dengan pejabat Amerika Serikat namun untuk pertama kalinya pertemuan akan berlangsung secara resmi dan memiliki kantor politiknya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions