Pages

Rabu, 17 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Bos Formula 1 didakwa melakukan suap
Jul 17th 2013, 13:46, by BBC Indonesia

ecclestone

Bernie Ecclestone mengontrol semua aspek komersial di Formula 1 selama lebih dari 30 tahun.

Jaksa di Jerman mendakwa bos Formula 1 Bernie Ecclestone melakukan suap.

Dakwaan ini terkait dengan pembayaran sebesar US$44 juta kepada bankir Jerman, Gerhard Gribkowsky, dari Bayern Landesbank (BayernLB) terkait penjualan saham Formula 1.

Ecclestone mengatakan membayar sejumlah uang kepada Gribkowsky untuk menghindari permintaan pajak Inggris terkait penjualan Formula 1 pada 2006 lalu, tetapi menolak kalau itu adalah suap.

Berbicara di koran Financial Times hari ini, Ecclestone mengatakan, "Saya baru berbicara kepada pengacara saya dan mereka sudah menerima dakwaan itu. Dokumennya sedang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris."

Ketika ditanya tentang pembelaannya, ia mengatakan, "Kami akan membela diri dengan sebaik-baiknya. Ini akan menjadi kasus yang menarik. Sayang sekali ini harus terjadi."

"Pajak mungkin akan meningkat sebesar £2 miliar. Saya membayarnya agar tetap tenang dan tidak melakukan hal konyol."

Pada 2006 lalu, Gribkowsky bertanggung jawab mengatur penjualan 48% saham bank regional BayernLB di Formula 1 kepada perusahaan ekuitas swasta CVC Capital Partners.

Dengan penjualan ini, berarti perusahaan itu memiliki sebagian besar saham Formula 1.

Sejak saat itu CVC mengurangi sahamnya dalam beberapa kali kesepakatan.

Dalam sebuah pernyataan, Ecclestone mengatakan jika ia tidak membayar uang itu, Gribkowsky akan memberi tahu pejabat pajak di Inggris dan "beberapa hal" akan dikenakan pajak.

"Pajak mungkin akan meningkat sebesar £2 miliar (US$3 miliar). Saya membayarnya agar tetap tenang dan tidak melakukan hal konyol."

Dalam sebuah bukti yang diungkapkan di pengadilan Munchen Juni tahun lalu, Gribkowsky mengakui bahwa "benar" ia menerima uang sebesar US$41.4 juta sebagai komisi bank dan pembayaran dalam jumlah besar lewat seorang anggota keluarya yang dipercaya oleh Ecclestone.

Gribkowsky telah dihukum 8,5 tahun penjara di Munchen.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions