Pages

Jumat, 25 Oktober 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Want free Kindle ebooks?

Sign up to receive the best freebie Kindle ebook deals in your email every day.
From our sponsors
Puluhan anggota Boko Haram di Nigeria tewas
Oct 25th 2013, 14:14, by BBC Indonesia

Nigeria

Operasi militer ditingkatkan di tiga negara bagian yang beradala dalam keadaan darurat.

Nigeria mengatakan militer menewaskan 74 anggota kelompok militan Boko Haram dalam sebuah operasi di negara bagian Borno.

Operasi dilancarkan atas kamp militan di kampung Galangi dan Lawant di negara bagian Borno, yang selama ini sering menjadi sasaran kekerasan militan Islam tersebut.

Laporan-laporan menyebutkan suara tembak menembak terdengar sampai ke ibukota negara bagian, Maiduguri, selama lebih dari delapan jam.

"Operasi yang melibatkan pasukan darat dan serangan udara yang didukung Angkata Udara Nigeria diarahkan untuk menghancurkan kamp teroris yang diidentifikasi, menewaskan 74 teroris dan sejumlah lainnya cedera," tutur Letnan Kolonel Mohammed Dole, seperti dikutip kantor berita Reuters.

Sebelumnya, Senin (21/10), militer menewaskan 37 anggota Boko Haram dalam operasi atas kamp militan di kawasan lain di Borno.

Bulan Mei, Presiden Goodluck Jonathan Klik menyatakan tigaKlik negara bagian di Nigeria dalam keadaan darurat karena rangkaian kekerasan Boko Haram, yaitu Adamawa, Borno, dan Yobe.

Bersamaan dengan keadaan darurat, militer juga melancarkan operasi khusus memburu para anggota Boko Haram.

Boko Haram

Kelompok militan Boko Haram memperjuangkan berdirinya negara Islam di Nigeria.

Namun bulan lalu, Presiden Jonathan memerintahkan militer untuk meningkatkan lagi operasi atas Boko Haram karena serangkaian serangan kekerasan yang menewaskan ratusan warga sipil, termasuk puluhan pelajar.

Akhir September, militan Klik Boko Haram menyerang sebuah asrama Klik universitas di negara bagian Yobe dan menewaskan sekitar 50 mahasiswa.

Boko Haram dituduh bertanggung jawab atas sebagian besar kekerasan yang sudah menewaskan sekitar 2.000 orang sejak tahun 2010.

Kelompok militan Islam -yang dalam bahasa setempat Hausa berarti pendidikan Barat dilarang- ini berjuang untuk menggulingkan pemerintahan dan membentuk sebuah negara Islam.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions