Pages

Minggu, 29 September 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Kesehatan gigi atlet buruk
Sep 29th 2013, 06:36, by BBC Indonesia

usain bolt

Senyum cerah Usain Bolt tidak selalu dimiliki oleh rekan sesama atlet.

Para dokter gigi telah menemukan tingkat kesehatan gigi buruk yang "mencolok" pada atlet bersaing di Olimpiade London 2012 lalu.

Satu dari lima atlet yang disurvei mengatakan kesehatan mulut benar-benar merusak pelatihan dan kinerja mereka.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine ini menyatakan gigi berlubang, erosi gigi dan penyakit gusi adalah masalah yang umum dijumpai.

Para peneliti mengatakan para atlet memiliki kesehatan gigi lebih buruk daripada orang lain dari usia yang sama.

Senyum berseri-seri para pemenang medali emas seperti Usain Bolt, Jessica Ennis-Hill dan Mo Farah adalah beberapa kenangan dari Olimpiade London 2012.

Tapi tim di University College London mengatakan banyak pesaing mereka memiliki masalah gigi.

"Data kami dan studi lain menunjukkan bahwa, untuk profil usia yang sama, kesehatan mulut atlet memprihatinkan. Dan ini cukup mencolok," kata pemimpin penelitian Profesor Ian Needleman.

Dia mengatakan konsumsi karbohidrat dalam jumlah besar secara teratur, termasuk minuman energi manis, telah merusak gigi.

Dari 302 atlet yang diperiksa dari 25 cabang olahraga, sebanyak 55% memiliki bukti gigi berlubang, 45% memiliki erosi gigi dan 76% memiliki penyakit gusi.

Satu dari tiga atlet mengatakan kesehatan mulut mereka mempengaruhi kualitas hidup mereka dan satu dari lima mengatakan itu mempengaruhi pelatihan atau kinerja atletik.

Kesehatan gigi dan mulut berhubungan dengan kondisi tubuh lainnya seperti penyakit jantung. Orang yang tidak menyikat gigi dua kali sehari beresiko tinggi terkena serangan jantung dan peradangan secara umum.

Para peneliti menyarankan peradangan lain dalam tubuh juga dapat mempengaruhi waktu pemulihan dan kerentanan terhadap cedera.

Mereka menambahkan bahwa sakit gigi dan dampak yang dihasilkan pada pola makan dan tidur juga dapat merusak kinerja atlet.

Profesor Needleman mengatakan kepada BBC: "Banyak petugas medis olahraga mengatakan anekdot tentang atlet yang kehilangan medali di kompetisi utama sebagai akibat dari masalah kesehatan mulut."

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions