Pages

Selasa, 06 Agustus 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Cuci Mobil & Motor Steam Hasilkan Rp5 Juta/Hari
Aug 6th 2013, 12:28

SEKTOR RIIL

Selasa, 06 Agustus 2013 19:28 wib

Dani Jumadil Akhir - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1434 H tinggal dua hari lagi. Pusat pembelanjaan pastinya ramai dikunjungi masyarakat untuk membeli pakaian baru untuk lebaran nanti, namun tidak hanya pusat pembelanjaan yang ramai, tempat cuci steam mobil dan motor juga kecipratan berkah Lebaran.

Walaupun kota Jakarta ditinggal para pemudiknya dengan menggunakan kendaraan pribadi, hal ini tidak menurunkan pendapatan bagi pengusaha cuci steam mobil dan motor. Salah satunya tempat cuci "Gaul" di bilangan Layur, Jakarta Timur.

Pantauan Okezone, tempat cuci steam "Gaul" mobil dan motor ini ramai dikunjungi para pengendara untuk membersihkan kendaraannya menghadapi lebaran yang akan jatuh pada Kamis 8 Agustus 2013.

Pengelola cucian "Gaul", Tari, yang ditemui Okezone mengatakan, menghadapi hari raya lebaran tempat cucinya bagai mendapatkan durian runtuh. Meskipun, tarif untuk steam mobil dan motor dinaikkan.

"Kita memang menaikkan tarifnya, untuk motor yang biasanya Rp10.000 menjadi Rp15.000, mobil yang biasanya Rp20.000 menjadi Rp30.000 itu sudah termasuk vacum dan semir ban," ungkap Tari di Jakarta, Selasa (6/8/2013).

Tari menjelaskan, kenaikan ini hanya dilakukan sementara yakni pada 5-20 Agustus nanti. "Nanti pas 21 Agustus harga kembali normal lagi. Ini dilakukan ya setahun sekali menjelang lebaran, ini juga untuk pekerja kita yang enggak pulang kampung makanya kita naikkan," tambah Tari.

Meskipun menaikkan tarif dua kali lipat, Tari mengakui pendapatannya naik hingga 50 persen dari hari biasanya. Dari pengamatan Okezone, kendaraan yang ingin cuci steam rela mengantre menunggu giliran.

"Pendapatan kita naik, ini kan harga dinaikkan baru kemarin, namun volume yang mau cuci motor dan mobil justru meningkat, kemarin saja untuk motor ada 77 dan mobil yang dicuci ada 122 mobil," jelas Tari.

Dengan ramainya pengunjung dan dinaikkannya tarif cuci steam, Tari mengatakan pendapatannya sehari bisa mencapai sekitar Rp5 juta. "Motor 77 dikalikan saja Rp15.000 lalu mobil 122 mobil dikalikan Rp30.000 ya sekitar Rp5 juta. Dengan pekerja steam mobil, motor kita kerahkan sebanyak 15 orang,"papar Dia.

Menurut Tari, dia menargetkan pendapatan cuci steam motor dan mobil bisa menembus 150 kendaraan untuk mobil dan 100 kendaraan untuk motor. Tari menambahkan, memang kenaikan pendapatan ini didorong para pesaing cuci steam mobil dan motor lain yang sudah pada tutup dan mudik.

"Makanya lari ke sini. Dibanding hari biasa jauh banget mas ramainya. Dari pagi tadi, hingga siang ini masih ramai, biasanya tetap ramai hingga malam hari. Walaupun kita biasanya 24 jam, tapi untuk sekarang kita tutup sampai jam 12-1 pagi. Dan untuk lebaran kita akan tetap buka," kata Tari.

Tari mengimbau, bagi yang ingin mengtre cuci mobil dan motor, disarankan mencuci mobil, motor pada pukul 11 malam. "Kalau enggak mau antre jam segitu saja nyucinya kita masih buka kok," katanya.

"Kalau ramai gini saya juga sarankan untuk pengendara yang antre agar cari tempat yang lain saja, pasalnya dengan pekerja yang terbatas dan volume yang meningkat membuat penumpukan. Kasihan juga kalau lama dicucinya," tukas dia. ()

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions