Pages

Kamis, 11 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Manuskrip Beckett terjual dalam lelang
Jul 11th 2013, 03:02, by BBC Indonesia

beckett

Manuskrip Beckett banyak berisi coretan dan kutipan pendek untuk memulai novel Murphy.

Sebuah manuskrip novel pertama penulis Samuel Beckett, Murphy, terjual dengan harga £962.500 atau sekitar 14,5 miliar rupiah di balai lelang Sotheby's.

Universita Reading, selaku pembeli manuskrip mengatakan tulisan tersebut akan menambah koleksi manuskrip dan draf universitas yang saat ini berjumlah lebih dari 500.

Manuskrip yang ditulis di enam buku tulis sekolah ini berisi coretan dan kutipan pendek dari teks klasik karya besar pertama Beckett.

Prof James Knowlson dari Universitas Reading mengatakan manuskrip ini ''menjadi penghias kue'' dari koleksi mereka.

Untuk membeli manuskrip ini Universitas Reading juga harus menjual sejumlah barang, kata juru bicara Pete Castle kepada BBC.

"Kami akan memutar koleksi kami untuk mendapatkan investasi signifikan bagi koleksi khusus universitas,'' kata Castle.

Prof Knowlson, yang menawar lelang atas nama kampus mengatakan manuskrip ini sebagai manuskrip paling penting dalam beberapa dekade terakhir.

"Ini adalah satu barang yang berada di tangan swasta selama lebih dari 50 tahun yang sangat kami inginkan,'' katanya.

Spesialis manuskrip Sotheby's Dr Gabriel Heaton mengatakan manuskrip ini menyediakan ''wawasan unik'' ke dalam pikiran Beckett.

Manuskrip, awalnya dengan judul Sasha Murphy, berisi banyak revisi, coretan dan sketsa Charlie Chaplin dan penulis James Joyce.

''Kami menghitung ada delapan versi berbeda dalam kalimat pembuka,'' kata Dr Heaton.

Novel yang terbit perdana di tahun 1938 ini bercerita tentang karakter Murphy dan keinginannya untuk menarik diri dari kehidupan.

Dr Heaton mengatakan manuskrip ini menunjukkan untuk pertamakalinya Beckett mengeksplorasi tema besar seperti ''keinginan untuk menarik diri dari kontak manusia,'' yang mengemuka dalam karyanya.

Ditulis di sebuah buku tulis murah, catatan ini menunjukkan koreksi dan revisi Beckett saat dia ''mencoba untuk memulai''.

"Ada perbedaan diantara penampilan sederhana di sampul dan penjelasan koreksi naskah yang indah di dalamnya, semua kata-kata ini dikeluarkan Beckett saat dia menulis mahakarya yang pertama,'' tambah Dr Heaton.

Manuskrip ini diberikan kepada teman Beckett yang juga seorang penulis Brian Coffey, yang kemudian dibeli oleh kolektor swasta di tahun 1960-an sebelum akhirnya dilelang.

Tahun lalu, edisi pertama novel Murphy terjual di lelang dengan harga £12.000 atau sekitar Rp180 juta setelah didonasikan ke toko amal Oxfam di Berkhamsted, Hertfordshire.

Beckett meraih penghargaan Nobel sastra di tahun 1969.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions