Pages

Minggu, 07 Juli 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Abu Qatada tiba di Yordania.
Jul 7th 2013, 10:20, by BBC Indonesia

Abu Qatada

Pemerintah Inggris senang Abu Qatada akhirnya dapat diekstradisi ke Yordania.

Ulama radikal Abu Qatada tiba di Amman, Jordania hari Minggu (07/07) Klik setelah dideportasi dari Inggris.

Abu Qatada langsung diserahkan kepada jaksa penuntut umum Yordania sesaat setelah dia tiba di Pangkalan Udara Militer Marka di sebelah timur kota Amman

Kantor Berita AFP melaporkan sejumlah anggota keluarga Qatada berada di luar gedung kantor pengadilan keamanan negara di Amman menunggu kedatanganya.

Pengadilan di Yordania sebelumnya telah menjatuhkan vonis hukuman seumur hidup secara in absentia-tanpa keadiran Abu Qatada- di sidang sebelumnya.

"Saat ini jaksa sedang melakukan interogasi terhadapnya untuk pengadilan ulang," kata Menteri Informasi Yordania, Mohammad Momani.

"Pengadilan ulang terhadapnya akan dilakukan dengan standar internasional, dengan melindungi haknya dan memastikan adanya keadilan,kredibilitas dan tranparansi."

Tahun 1999 Abu Qatada sudah dijatuhi hukuman mati akibat dakwaan terlibat konspirasi melakukan aksi teror termasuk dalam penyerangan sekolah Amerika di Amman, namun hukuman itu kemudian dikurangi menjadi seumur hidup dan kerja paksa.

Pemerintah Inggris harus melakukan debat hukum yang lama di pengadilan dengan penasihat hukum Abu Qatada sebelum dia diekstradisi ke Jordania.

Pengadilan Inggris mendukung deportasinya karena pemerintah sudah mendapat jaminan dari Yordania untuk memperlakukannya dengan baik, namun para pengkritik mengatakan jaminan itu bukan dalam bentuk tertulis.

Pemerintah Inggris sudah menghabiskan dana sebesar £800.000 sejak memproses kasus ini tahun 2002.

Menteri Dalam Negeri Inggris,Theresa May menyatakan senang ekstradisi Abu Qatada ke Yordania akhirnya terlaksana.

"Orang yang berbahaya ini sekarang telah dipindahkan dari negara kita untuk menggahadapi pengadilan di negaranya sendiri," kata May.

Sebelumnya Abu Qatada masuk ke Inggris tahun 1993 (setelah tinggal di kawasan Pakistan-Afghanistan) dan pada tahun 1994 pria yang mempunyai nama asli Omar Othman ini diterima sebagai pengungsi dan boleh tinggal di Inggris.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions