Pinterest merupakan jejaring sosial berbasis foto yang mengelompokan pengguna berdasarkan hobi mereka.
Berapa nilai jejaring sosial Pinterest? Menurut perkembangan bisnis terakhir, jejaring sosial ini diberi harga sebesar US$3,8 miliar atau sekitar Rp42,8 triliun.
Angka ini naik lebih dari 50% dari tahun lalu, padahal usianya baru menginjak tiga tahun.
Jejaring yang mengetengahkan konsep virtual scrapbook ini telah mendulang dana segar US$225 juta atau Rp2,5 triliun dari grup investor yang dipimpin oleh Fidelity Investments.
Sebelumnya, Pinterest juga mendapat dana dari investor sebesar US$200 juta dengan nilai perusahaan kala itu sitaksir sekitar US$2,5 miliar.
Pinterest mengatakan mereka berencana untuk menggunakan dana baru ini untuk melakukan ekspansi secara internasional dan mengembangkan layanan di ponsel.
"Investasi baru ini memungkinkan kami untuk mengejar tujuan yang lebih agresif."
Mereka juga akan melihat berbagai kemungkinan untuk membuat layanan ini menghasilkan uang agar perusahaan memperoleh pendapatan.
"Kami berharap dapat menjadi layanan yang digunakan oleh semua orang untuk menginspirasi masa depan mereka, apakah ini tentang ide makan malam esok hari atau sebuah rumah impian," kata salah satu pendiri dan Kepala Eksekutif Klik Pinterest Ben Silbermann dalam sebuah pernyataan.
"Investasi baru ini memungkinkan kami untuk mengejar tujuan yang lebih agresif."
Pada awal bulan ini, perusahaan mulai menguji penggunaan gambar berbayar (promoted pin) sebagai sebuah bentuk iklan.
Perusahaan berbasis di San Francisco ini juga baru-baru in membuka kantor di Inggris, Prancis, dan Italia. Mereka menargetkan untuk beroperasi di 10 negara hingga akhir tahun ini.