Pages

Senin, 09 September 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Need cooking inspiration?

Have a passion for cooking delicious meals or need inspiration for your next dish? Daily food fares to quench your palette when you subscribe to Recipe ideas.
From our sponsors
Sekolah Prancis wajib pasang piagam sekulerisme
Sep 9th 2013, 09:44, by BBC Indonesia

Anak di kelas di Prancis

Siswa dilarang menggunakan dalil agama untuk menolak kurikulum tertentu.

Menteri Pendidikan Prancis Vincent Peillon memperkenalkan 'piagam sekulerisme' baru yang wajib dipasang di sekolah-sekolah negeri mulai hari ini (09/09).

Piagam baru bertujuan untuk mengingatkan siswa bahwa mereka tidak boleh menolak kurikulum sekolah atas dasar agama.

Wartawan BBC di Paris Christian Fraser melaporkan piagam baru berisi 15 pasal. Pasal pertama menegaskan bahwa Republik Prancis tidak bisa dipecah-pecah, demokratis, sosial dan sekuler.

Pasal lainnya menyebutkan bahwa siswa tidak boleh menggunakan landasan agama untuk mempertanyakan hak guru mengajarkan bagian-bagian tertentu kurikulum pendidikan.

Piagam harus dipasang di tempat menonjol.

"Sekolah-sekolah di Prancis sejauh ini telah mempunyai peraturan ketat mengenai pemakaian simbol-simbol agama dan pakaian keagamaan," lapor Christian Fraser.

Kementerian Pendidikan juga berencana memberikan pelajaran wajib mengenai "moralitas sekuler". Di dalamnya akan diajarkan dan diperdebatkan nilai-nilai Republik.

Namun sebagian kalangan mengecam piagam Kementerian Pendidikan Prancis yang dianggap serangan terselubung terhadap Islam.

Vincent Peillon menepis kecaman yang berkembang.

"Setiap kali kita memberikan referensi kepada anak-anak mengenai Republik, dan tentang nilai-nilai kita, maka itu adalah hal baik," katanya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions