Pages

Sabtu, 03 Agustus 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Awas, 24 Titik Jalur Mudik Rawan Longsor di Sumbar
Aug 3rd 2013, 15:06

SEPUTAR MUDIK

Sabtu, 03 Agustus 2013 22:06 wib

Rus Akbar - Okezone

Ilustrasi Ilustrasi

PADANG - Tingginya curah hujan diperkirakan mengganggu perjalanan para pemudik yang akan keluar Kota Padang dan masuk ke Sumatera Barat. Pasalnya, sepanjang jalur tersebut banyak titik rawan longsor sehingga para pemudik diimbau selalu waspada.

"Dari informasi BMKG prospek curah hujan di Sumatera Barat akan terjadi pada Agustus 2013 dengan rentang waktu tanggal 2-8, artinya menjelang Lebaran ini akan sering terjadi hujan," ujar Kepala Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Sumbar, Ade Edwar, Sabtu (3/8/2013). 

Kata Ade, Sumatera Barat dikenal dengan daerah perbukitan dan jalan yang terjal. Untuk itu pengemudi harus mengetahui titik-titik yang rawan longsor dan banjir apalagi kondisi cuaca saat ini.

Menurut data Pusdalops PB Sumbar, titik-titik yang rawan longsor, jalur Kabupaten Agam-Kabupaten Padang Pariaman, titik rawan longsor adalah Lembah Anai, Malalak.

Kemudian jalur Kabupaten Agam-Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat, titik berbahaya adalah Palupuh, Bonjol, Matur, Palembayan, Tigo Nagari, Simpang Alahan Mati, Malampah, Lubuk Sikaping dan Panti.

Untuk jalur Padang-Kabupaten Solok, daerah yang rawan longsor Panorama II atau di Sitinjaut Lauik dan Air Sirah.

Jalur Kabupaten Solok menuju ke Kabupaten Sijunjung lokasinya di Sungai Lasi. Sementara di Kabupaten Limapuluhkota ke Riau titik rawan longsor Kelok Sembilan 9, Hulu Air dan Tanjung Balit.

Sementara jalur Kabupaten Solok-Kabupaten Solok Selatan lokasi rawan longsor di Surian dan Air Dingin. Jalur Padang-Kabupaten Pesisir Selatan jalan yang kerap longsor itu ada di titik Bungus Teluk Kabung 

Dan titik terkahir di Kabupaten Sijunjung ke Kabupaten Dharmasraya lokasi rawan Tanjung Gadang, Sijunjung, dan Muara Takung serta Dharmasraya.

Selain itu peluang lain adalah banjir, dan angin kencang yang dapat disertai angin puting beliung dan pohon tumbang. Daerah rawan bencana tersebut yakni di wilayah Sumatera Barat bagian barat dan Kepulauan Mentawai.

"Kami mengimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan perlu diperhatikan kesiapan fisik kendaraan dan stamina dalam menjalani mudik hari raya, jangan ragu-ragu mempersiapkan perbekalan selama perjalanan, perhatikan faktor cuaca, membawa alat penerangan dan baterai cadangan akan sangat membantu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan," tutup Ade.
(tbn)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions