Pages

Minggu, 14 Juli 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Topan Soulik Hantam China Tenggara, 2 Tewas
Jul 14th 2013, 04:26

ASIA

Minggu, 14 Juli 2013 11:26 wib

Ade Hapsari Lestarini - Okezone

Topan Soulik. (Foto: AP)Topan Soulik. (Foto: AP)

BEIJING - Topan Soulik akhirnya diturunkan statusnya menjadi badai setelah menghantam China tenggara sehingga memaksa untuk mengevakuasi ratusan ribu orang di wilayah tersebut. Sedikitnya, dua orang dilaporkan tewas di Taiwan.

Pusat Meteorologi Nasional China menyatakan, status tersebut diturunkan menjadi badai tropis pada Sabtu waktu setempat. Sementara pada Minggu pagi, setelah topannya pindah ke pedalaman dari provinsi Fujian, kemudian melemah ke tekanan rendah menjadi tropis.

Dinukil dari Boston Herald, Minggu (14/7/2013), topan tersebut telah mengganggu transportasi dan sistem perdagangan di Taiwan. Serta mematikan aliran listrik dari 520 ribu rumah di seluruh Taipei sebelum memukul pesisir Fujian pada Sabtu 13 Juli sore.

Sedangkan menurut kantor berita resmi Xinhua, sekira 300 ribu orang dievakuasi dari rumah mereka. Sebelumnya, topan Soulik telah menerjang daerah Taiwan tengah utara dengan hujan deras, sehingga memaksa pihak berwenang menutup sekolah dan kawasan bisnis di seluruh Taiwan utara.

Bahkan, sebuah batu bata jatuh menewaskan seorang polisi berusia 50 tahun di pinggiran Taipei Tanshui. Sedangkan di Miaoli, wanita 54 tahun meninggal setelah jatuh dari atap rumahnya. Satu orang di pusat kota Taichung dilaporkan hilang setelah tersapu ke sungai yang "mengamuk".

Sementara di Taiwan, Badan Pemadam Kebakaran Nasional melaporkan setidaknya ada 104 orang mengalami cedera. (ade)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions