Pages

Kamis, 25 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Susahnya menarik perhatian merak betina
Jul 25th 2013, 14:06, by BBC Indonesia

merak

Ekor kipas merak jantan digunakan untuk menarik perhatian betina.

Peneliti di Amerika Serikat menggunakan kamera pendeteksi mata untuk mengetahui apa yang burung merak betina temukan menarik dari ekor kipas merak jantan.

Merak jantan menumbuhkan bulu warna-warni di ekornya saat musim kawin dan mengibaskannya untuk menarik perhatian pasangan.

Tim peneliti menggunakan sebuah alat pelacak mata pada merak jantan untuk mengetahui apa yang mereka lihat. Laporan mereka diterbitkan di Journal of Experimental Biology.

Riset ini menemukan bagaimana sulitnya untuk tetap menarik perhatian merak betina. Ini menjelaskan mengapa kipas besar yang penuh dekorasi itu berevolusi di tubuh merak jantan.

Selain itu, riset ini juga menunjukan apa yang merak betina anggap menarik dari kipas besar tersebut. Mereka ternyata paling tertarik dengan titik hitam yang dominan di bulu-bulu tersebut.

Ekor kipas merak jantan mungkin merupakan contoh paling terkenal dari seleksi seksual -sebuah fenomena yang ditemukan oleh Charles Darwin- di mana ekor hewan berevolusi untuk menarik perhatian lawan jenis.

"Hanya sedikit spesies yang memiliki ekor yang berwarna-warni dan tidak memiliki fungsi bertahan hidup," jelas Jessica Yorzinski, yang menjalankan riset ini.

"[Ekor yang panjang ini] membuat sangat sulit bagi mereka untuk lolos dari predator."

"Jika betina tidak waspada dan fokus sepenuhnya pada penampilan merak jantan, mereka mungkin berakhir sebagai makan malam harimau."

Eksperimen ini menunjukan bahwa betina secara terus menerus mengganti perhatian mereka antara lingkungan dan kipas merak jantan.

"Hal ini mungkin bermanfaat bagi mereka untuk membagi perhatian mereka di antara calon pasangan dan lingkungan," jelas Yorzinski.

"Jika betina tidak waspada dan fokus sepenuhnya pada penampilan merak jantan, mereka mungkin berakhir sebagai makan malam harimau."

Penelitian menunjukkan bahwa ekor merak telah berkembang untuk menghalangi semua hal lain yang menyita perhatian betina.

Riset ini dilakukan terhadap 12 merak betina yang dipakaikan pelacak mata. Alat ini terdiri dari dua kamera kecil, satu mencatat adegan di depan burung dan satu lagi merekam gerakan mata.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions