Pages

Senin, 22 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Saham Tokyo tidak terpengaruh Abenomics
Jul 22nd 2013, 07:08, by BBC Indonesia

abe

Abe mengatakan akan berfokus pada penyelesaian masalah ekonomi termasuk deflasi.

Saham di Tokyo hanya sedikit terpengaruh menyusul pernyataan mosi percaya terhadap Perdana Menteri Shinzo Abe atas kebijakan ekonominya yang dikenal sebagai "Abenomics."

Seperti yang banyak diperkirakan sebelumnya Abe memenangkan kursi mayoritas Majelis Tinggi parlemen dalam pemilu Minggu (21/07) lalusesuai dengan hasil penghitungan suara.

Klik Abe sendiri merasa optimis akan hal ini.

Berita kemenangan Abe disambut dengan kenaikan indeks sebesar 1,2% dalam sesi perdagangan awal, namun indeks Nikkei 225 turun kembali ke kisaran 14.590 yen beberapa saat sesudahnya.

Analis mengatakan kemenangan Abe ini sudah diperhitungkan dalam strategi perdagangan para pelaku pasar.

Sejak resmi menjabat sebagai perdana menteri tahun lalu, Abe memperkenalkan kebijakan yang bertujuan untuk mengakhiri deflasi jangka panjang Jepang dan mendorong pertumbuhan.

"Kami telah memenangkan dukungan publik untuk berlangsungnya politik yang tegas dan stabil sehingga kita bisa mengejar target kebijakan ekonomi, dan kita akan pastikan untuk menaikkan harapan itu," kata Abe kepada lembaga penyiaran publik Jepang, NHK setelah ia diramalkan akan menang.

Para analis mengatakan Abe sekarang bisa bekerja untuk melaksanakan reformasi ekonomi berat yang sering disebut "Panah Ketiga" dari rangkaian kebijakan ekonominya. Dua yang pertama adalah panah kebijakan moneter sangat longgar dan pengeluaran pemerintah.

"(Kemenangan ini) membawa harapan bahwa undang-undang dapat diloloskan dengan lebih mudah dan selanjutnya dia bisa fokus pada urusan pemulihan ekonomi," kata Takuya Takahashi, analis dari Daiwa Securities.

Takahashi menambahkan investor asing bereaksi positif terhadap prospek ekonomi Jepang di bawah pemerintahan stabil pertama negeri itu sejak tahun 2006.

"Bahwa kemungkinan tidak ada pemilihan umum tingkat nasional dalam tiga tahun, itu isyarat yang positif," kata dia. "Apa yang dibutuhkan investor adalah pemerintahan yang stabil dan mereka sekarang sedang melihat bagaimana cara Abe untuk mengatasi deflasi."

Kebijakan Abe sejauh ini mendapat respon positif dari para investor, dengan indeks Nikkei menongkat sebanyak 40% tahun ini.

Nilai mata uang yen juga telah menurun sebesar 15%, sehingga lebih menguntungkan para eksportir.

Para analis mengatakan apakah kenaikan di Nikkei bisa diperpanjang atau tidak, hal ini sangat tergantung pada apakah reformasi struktural yang dramatis bisa terus dilaksanakan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions