Pages

Rabu, 14 Agustus 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com 
Jokowi: Buatlah Pusat Pertumbuhan Ekonomi Selain Jakarta
Aug 13th 2013, 12:37

Created on Tuesday, 13 August 2013 19:37 Published Date

Sejumlah Pemudik Tiba di Teriminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta (ANTARA/M Agung Rajasa)Jakarta, GATRAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sebaiknya dibuat pusat-pusat pertumbuhan ekonomi selain Jakarta, sehingga ekonomi bisa lebih merata sekaligus mencegah urbanisasi. Inilah cara paling efektif mencegah urbanisasi. Pemerataan tersebut bisa dilakukan seperti mendorong investasi dan putaran uang di daerah-daerah selain di Jakarta. Jakarta sebagai ibu kota negara merupakan kota yang paling terkena dampak arus urbanisasi.

Pada masa pemerintahan Sutiyoso di Jakarta, diperkirakan 200.000 urbanis tanpa keahlian mendatangi Jakarta saban akhir Lebaran alias pada arus balik.

Skenario besar pemerataan pembangunan belum dilakukan secara baik, karena pertumbuhan ekonomi lebih menjadi fokus yang memesona. "Kemudian buat pusat pertumbuhan nggak cuma di Jakarta saja, tapi itu kewenangan pemerintah pusat bukan saya," kata Jokowi, di Jakarta, Selasa (13/8) kepada Antara.

Namun untuk mengatasi arus urbanisasi, ujar Jokowi, dirinya masih akan menggunakan "jurus", di antaranya program Bina Kependudukan, ke masing-masing Rukun Tetangga dan Rukun Warga "Sosialisasi ke RT/RW dulu untuk jangan bawa keluarga," katanya.

Bina Kependudukan tersebut, diakui Jokowi, bukan sebagai langkah jitu untuk mengurangi arus masuknya warga ke DKI Jakarta. "Makanya saya mau lihat apakah ini efektif atau nggak," katanya.

Sebelumnya Jokowi menyebutkan bahwa operasi yustisi yang selama ini dilakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak efektif dalam mengurangi arus urbanisasi.

Jokowi bahkan melanjutkan bahwa operasi yustisi tersebut hanya menghabiskan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta. (TMA)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions