Pages

Sabtu, 20 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Sejumlah tahanan Palestina akan dibebaskan
Jul 20th 2013, 10:43, by BBC Indonesia

Israel

Kelompok HAM Israel, B'Tselem, megatakan 4.817 warga Palestina ditahan di penjara Israel.

Israel mengatakan akan membebaskan sejumlah tahanan Palestina sebagai bagian dari kesepatakan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry.

Menteri untuk hubungan internasional, Yuval Steinitz, mengungkapkan mereka yang akan dibebaskan termasuk 'tahanan kelas berat' yang sudah dipenjara selama beberapa dekade.

Langkah itu diumumkan menyusul pernyataan John Kerry, Jumat (19/07), ibukota Yordania, Amman, bahwa Klik IsraelKlik dan Palestina sepakat untuk memulai kembali perundinganKlik damai di Washington.

Sebagai tanggapan pertama Klik Israel atas kesepakatan yang dicapai lewat mediasi John Kery, Steinitz menambahkan perundingan damai akan dimulai tanpa tuntutan lain dari Klik Palestina, seperti pembekuan pembangunan kawasan pemukiman maupun penentukan kembali perbatasan 1967.

"Tidak ada peluang bahwa kami sepakat untuk memasuki perundingan apa pun yang dimulai dengan penentuan kembali batas teritorial atau konsesi dari Israel, juga tidak ada pembekuan pembangunan."

Dalam pernyataan di sebuah stasiun radio Israel, Steinitz juga mengatakan bahwa pembebasan para tahanan akan berlangsung secara bertahap.

John Kerry

John Kerry bolak balik ke Timur Tengah untuk menghidupkan kembali perundingan Israel-Palestina.

Sebagai imbalan, menurut Yuval Steinitz, pihak Palestina dilaporkan siap untuk melakukan perundingan serius minimal selama sembilan bulan.

Bagaimanapun John Kerry di hadapan para wartawan di Amman, menolak untuk mengungkap rincian dari kesepakatan yang dicapai Israel dan Palestina.

Menlu AS itu sudah enam kali berkunjung ke kawasan Timur Tengah selama beberapa bulan belakangan sebagai Klik upaya menghidupkanKlik kembali perundingan damai yang terhenti sejak tahun 2010.

Pembicaraan langsung terakhir Israel dan Palestina saat itu terhenti terkait masalah pembangunan kawasan pemukiman, yang dianggap melanggar hukum internasional walaupun Israel membantah hal tersebut.

Berdasarkan kelompok pegiat hak asasi manusia Israel, B'Tselem, sebanyak 4.817 warga Palestina ditahan penjara-penjara Israel.

Pembebasan warga yang ditahan sebelum perundingan damai Oslo 1993 sudah lama menjadi tuntutan Palestina.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions