Pages

Minggu, 21 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Raja Belgia segera letakkan tahta
Jul 21st 2013, 04:36, by BBC Indonesia

Raja Albert dan Pangeran Philippe

Raja Albert dan Pangeran Philippe dari Belgia berselisih usia 26 tahun.

Raja Albert II dari Belgia akan secara resmi mundur dari tahta untuk memberi jalan bagi penerusnya, Putra Mahkota Pangeran Philippe.

Dalam pernyataan resmi terakhirnya sebagai raja pada Sabtu (20/07), pimpinan kerajaan usia 79 itu mendesak agar warga Belgia memberi dukungan pada putranya yang kini 53 tahun.

Ia menekankan harapannya agar Belgia -yang terbelah antara warga yang bicara dalam bahasa Belgia di utara dan Prancis di selatan- tetap bersatu.

Sementara dalam pernyataan sebelumnya Raja Albert mengatakan ia sudah tak bugar lagi menjalankan tugas penuh selaku pimpinan kerajaan.

"Mohon berikan calon raja Philippe dan calon ratu Mathilde partisipasi aktif serta dukungan Anda," kata Raja Albert.

"Pasangan ini akan jadi pimpinan kerajaan yang hebat untuk negeri kita dan mereka mendapat restu saya sepenuhnya," kata sang raja yang berencana mundur dari tahta tepat pada peringatan hari kemerdekaan Belgia setelah hampir 20 tahun bertahta.

Sementara Pangeran Philippe, yang bersekolah di Oxford dan Stanford, akan diangkat menjadi raja ke-7 Belgia.

Sang pangeran juga punya latar belakang sebagai pilot tempur terlatih.

Dalam konstitusi Belgia, seorang raja hanya mewakili posisi-posisi seremonial.

Salah satu tugasnya adalah mendamaikan sengketa konstitusi.

Raja Albert misalnya menggunakan wewenangkan untuk menengahi pertikaian politik dalam pembentukan pemerintahan akibat buntutnya perundingan di parlemen antara 2010-2011. Saat itu negara Belgia berjalan selama 541 hari tanpa pemerintahan karena pemilu gagal menentukan siapa pemenangnya.

Sementara ketegangan antara kubu pemakai bahasa Belgia dan Prancis juga tinggi dimana sejumlah isu antar dua kubu telah menjatuhkan pemerintahan dan menjadi sumber kericuhan politik.

Tiga bulan lalu, Ratu Beatrix dari negara tetangga Belanda juga mundur dari tahta digantikan putranya Pangeran Willem-Alexander.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions