Pages

Rabu, 24 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Manufaktur Cina turun
Jul 24th 2013, 06:19, by BBC Indonesia

china manufacture

Industri manufaktur sudah menjadi kunci pendorong pertumbuhan ekonomi selama beberapa dekade terakhir.

Pertumbuhan industri manufaktur Cina menyentuh titik terendah dalam 11 bulan terakhir pada Juli ini karena menurunnya jumlah pemesanan barang baru, kata sebuah survei oleh HSBC.

Indeks pembelian manajer (PMI) yang merupakan indikator kunci dalam sektor ini turun menjadi 47,7 dari sebelumnya 48,2 di bulan Juni.

Data itu muncul di tengah adanya kekhawatiran perlambatan ekonomi China secara keseluruhan.

Data yang dirilis awal bulan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi China melambat pada periode April-Juni.

Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tumbuh sebesar 7,5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, turun dari 7,7% pada periode Januari hingga Maret.

Sektor manufaktur dan ekspor adalah faktor pendorong ekonomi negara ini dalam beberapa dekade terakhir.

Tetapi permintaan terhadap produk yang diekspor oleh Cina belakangan ini melambat terutama dari pasar besar seperti Amerika Serikat dan Eropa karena wilayah ini masih berjuang dengan perlambanan ekonomi di dalam negeri.

Sementara para pembuat kebijakan memperkirakan akan sulit untuk mendorong konsumsi dalam negeri untuk menanggulangi penurunan permintaan ekspor.

Hongbin Qu, dari HSBC mengatakan melemahnya jumlah pemesanan baru memegang peranan penting dalam melemahnya sektor manufaktur di bulan Juli ini.

Zhiwei Zhang, pengamat ekonomi dari Nomura menambahkan: "Penurunan indeks ini sejalan dengan perkiraan kami tentang momentum penurunan di kuartal mendatang."

Zhang mengatakan ia memprediksikan pertumbuhan China akan melambat sebesar 7,4% dalam kuartal saat ini dan 7,2% pada kuartal terakhir tahun ini.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions