Pages

Senin, 08 Juli 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
LSM: bantuan gempa Aceh tidak merata
Jul 8th 2013, 06:25, by BBC Indonesia

Gempa Aceh

Sempat beredar isu di Aceh Tengah gempa berasal dari letusan gunung.

Persoalan distribusi masih dikeluhkan sebagai hambatan utama upaya memberi pertolongan pada korban gempa di Aceh sehingga banyak korban luput dari pembagian bantuan.

Gempa berkekuatan 62, pada Skala Richter itu mengguncang wilayah Aceh bagian tengah pada Selasa (02/07) dan menimbulkan kerusakan berat di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Kerusakan terparah, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat, terjadi di Aceh Tengah dimana 232 dari 352 desa setempat langsung terkena dampak gempa.

"Dari hasil pantuan kita langsung ke lokasi, bahkan warga di wilayah perkotaan seperti Takengon pun ada yang belum dapat bantuan juga," kata Nursiti dari Posko Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Aceh Gayo di Banda Aceh kepada Dewi Safitri dari BBC Indonesia.

Pantauan sejumlah mitra koalisi di berbagai lokasi bencana menurut Nursiti menunjukkan masih banyak warga tak terima bantuan karena mereka berada di lokasi yang berjauhan dengan posko pengungsian.

"Mereka kan pilih bikin tenda darurat dekat rumah, nah ini yang sering terlewat," kata relawan perempuan ini.

Nursiti menyatakan situasi semacam ini muncul di berbagai kecamatan termasuk Takengon, Ketol, dan Kebayakan di Aceh Tengah serta di Wih Pesam di Bener Meriah.

Selain pola distribusi tak merata, Nursiti juga menunjuk persoalan akses dan jalur telekomunikasi yang putus sebagai penghalang distribusi.

Data korban gempa Aceh 2 Juli 2013

Korban gempa Aceh
  • Korban tewas 40 orang
  • Luka berat 63
  • Korban hilang 6 orang
  • Pengungsi di Kab Bener Meriah 2265
  • Pengungsi di Kab Aceh Tengah 48453
  • Rumah rusak berat dan sedang 15919 unit
  • Pusat pengungsian di 85 titik
  • Sumber: BNPB dan BPBD Aceh

"Dalam kondisi normal tanpa bencana saja jalur sulit, apalagi sekarang," tambahnya.

Aliran listrik dilaporkan baru menyala sebagian di wilayah perkotaan, begitu pula jalur telepon genggam. Sementara sejumlah jalan putus karena longsor, serta jembatan rusak.

Koordinator pengelolaan bencana Aceh mengakui persoalan ini.

"Distribusi jadi masalah sehingga ada warga yang tidak terima bantuan, ada juga yang sudah menumpuk sumbangannya," kata Koordinator BNPD Aceh, Djarwan.

"Kebanyakan terjadi karena ada lembaga yang langsung datang ke lokasi menyerahkan bantuan langsung, tidak emlapor ke posko sehingga kurang koordinasi," kata Djarwan.

Upaya menjangkau korban gempa di dua kabupaten masih terus dilakukan, terutama dalam dua pekan sejak gempa.

"Kita masih dalam posisi tanggap darurat ya, sampai 14 hari pasca gempa. Kita akan kejar terus supaya rata," janjinya.

Sampai saat ini getaran gempa susulan masih beberapa kali dirasakan para korban di lokasi. Menurut agenda kegiatan kepresidenan, Kepala Negara Susilo Bambang Yudhoyono akan mengunjungi lokasi bencana pada Selasa (09/07) besok.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions